Prabowo Jadi Menhan, Anggarannya Lebih Besar Dibanding Kementerian Lain

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Prabowo Jadi Menhan, Anggarannya Lebih Besar Dibanding Kementerian Lain
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo berjalan memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10). [ANTARA FOTO/Wahyu Putro]

Prabowo Subianto disebut-sebut bakal menjadi salah satu sosok yang akan masuk dalam susunan kabinet pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Suara.com - Prabowo Subianto disebut-sebut bakal menjadi salah satu sosok yang akan masuk dalam susunan kabinet pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Prabowo pun disebut-sebut diminta oleh Jokowi untuk menjadi Menteri Pertahanan.

"Saya sudah sampaikan keputusan kami, dari Partai Gerindra, apabila diminta, kami siap membantu. Hari ini resmi diminta, kami sanggupi membantu. Saya, beliau izinkan, menyampaikan saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan," kata dia.

Kalau pun jadi Menteri Pertahanan, maka Prabowo akan menduduki Kementerian dengan anggaran yang terbesar dibandingkan kementerian lainnya.

Berdasarkan data Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020, Kementerian Pertahanan mendapatkan jatah anggaran sebesar Rp 131,2 triliun.

Anggaran itu juga lebih tinggi pada tahun ini yang sebesar Rp 109,6 triliun. Namun bukan tanpa alasan tingginya anggaran yang didapat oleh Kementerian Pertahanan.

Menurut Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani, tingginya anggaran tersebut dipergunakan untuk belanja pegawai yang memang besar. Adapun belanja pegawai itu seperti penambahan gaji dan tunjangan TNI dan Polri.

"Kemarin saya sampaikan di 2019 ini ada penyesuaian reformasi birokrasi TNI Polri, sehingga berdampak pada belanja pegawai mereka 2020," kata Askolani dalam konferensi pers di Kantor Kemenkeu Jakarta, Kamis (26/9/2019) lalu.

Selain itu, tutur Askolani, anggaran pada lembaga itu juga untuk pengadaan alutsista dalam rangka pertahanan nasional.

Kemudian, dia menambahkan, anggaran tersebut juga untuk peremajaan alutsista agar tetap berfungsi.

"Juga untuk operasional alutsista kita supaya perlatannya terjaga baik. Juga untuk antisipasi Pilkada 2020," tuturnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS