Ini Bocoran Formasi dan Jadwal Rekrutmen CPNS 2019 Lengkap

Iwan Supriyatna | Stephanus Aranditio
Ini Bocoran Formasi dan Jadwal Rekrutmen CPNS 2019 Lengkap
Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana. (Suara.com/Stephanus)

Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka pada November 2019.

Suara.com - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan kembali dibuka pada November 2019, bagi masyarakat yang berminat menjadi pegawai pemerintahan harus memperhatikan seluruh alur pendaftaran berikut.

Total ada 197.111 formasi dari 68 Kementerian atau Lembaga dan 461 Pemerintah Daerah yang dibuka dalam seleksi CPNS tahun ini. Total formasi itu akan dibagi menjadi dua jenis kategori yakni umum dan khusus.

Untuk kategori khusus terdiri dari Cumlaude, Diaspora, Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, dan Lainnya yang Bersifat Strategis (cyber security).

Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengatakan, ada satu perbedaan alur pendaftaran dalam seleksi CPNS tahun ini, yakni adanya waktu sanggah bagi peserta yang merasa pantas namun tak lolos dalam seleksi administrasi awal.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya, yang tidak lulus atau dianggap tidak memenuhi syarat seleksi administrasi, punya waktu untuk menyanggah selama tiga hari, jadi ada masa sanggah bagi peserta yang tidak puas dengan keputusan panitia itu selama 3 hari, di tanggal 16 ketika diumumkan sampai tanggal 19 Desember," kata Kepala BKN Bima di Gedung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Rabu (30/10/2019).

Sanggahan itu kemudian akan dicermati kembali oleh panitia seleksi dan hasilnya akan diumumkan pada 26 Desember 2019.

"Kemudian tanggal 26 Desember apabila sanggahan itu diterima maka akan diumumkan, jadi kami akan umumkan sanggahan mana yang diterima oleh pansel," ucapnya.

Nantinya, pendaftaran akan dilakukan secara daring seperti sebelumnya di laman https://sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran tersebut, menurut Kementerian PAN RB akan dibuka pada 11 November 2019.

Di samping dokumen pendukung dari masing-masing instansi, peserta seleksi CPNS perlu menyiapkan scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah, dan transkrip nilai asli untuk diunggah ke portal SSCASN.

Berikut Jadwal Rekrutmen CPNS 2019:

  1. Pengumuman dan Pendaftaran: 11-24 November 2019
  2. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 16 Desember 2019
  3. Masa Sanggah: 16-19 Desember 2019
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi (Setelah Masa Sanggah): 26 Desember 2019
  5. Seleksi Kompetensi Dasar: Februari 2020
  6. Seleksi Kompetensi Bidang: April 2020
  7. Penetapan Formasi ASN: Juli 2020

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS