Pemerintah Masih Kaji Penghentian Importasi Produk Holtikultura Asal China

Chandra Iswinarno | Mohammad Fadil Djailani
Pemerintah Masih Kaji Penghentian Importasi Produk Holtikultura Asal China
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. [Suara.com/Achmad Fauzi]

Pemerintah masih sebatas rencana menghentikan impor produk makanan dan minuman impor asal China, karena keputusan finalnya baru akan dikeluarkan pada rapat selanjutnya.

Suara.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto belum bisa memastikan kemungkinan produk holtikultura asal China akan dihentikan importasinya ke Indonesia, sebagai imbas merebaknya Virus Corona.

"Kalau holtikultura belum 100 persen (dihentikan), tapi kalau tidak membawa virus penyakit tentu kita tidak akan setop," kata Mendag Agus usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Ekonomi terkait dampak Virus Corona terhadap sektor perdagangan dan pariwisata RI pada Senin (3/2/2020).

Agus menegaskan, pemerintah masih sebatas rencana menghentikan impor produk makanan dan minuman impor asal China, karena keputusan finalnya baru akan dikeluarkan pada rapat selanjutnya.

"Saya rasa lihat besok. Kalau memang itu tidak membawa virus ya enggak disetop sama kita."

Ia mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan beberapa kementerian terkait, antara lain kementerian pertanian, kementerian keuangan khususnya bea cukai, lalu kementerian kesehatan.

Dia mengemukakan, mengenai kemungkinan akan ada penghentian sementara importasi produk holtikultura asal negeri tirai bambu tersebut.

"Jadi kita harus benar-benar menyampaikan informasi yang tepat supaya di lapangan atau masyarakat juga tidak terlalu khawatir," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS