facebook

Bank BJB Bantu Wujudkan Harapan Para Difabel di Jawa Barat

Fabiola Febrinastri
Bank BJB Bantu Wujudkan Harapan Para Difabel di Jawa Barat
Suartini (tengah), Direktur Konsumer dan Ritel Bank BJB menandatangani MoU antara Bank BJB dengan Fatayat (tengah kanan), Hirni Zafa Hazefa (tengah kiri), Ketua PW Jabar, dan penandatangan MoU dengan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia oleh Kustini. (Dok : BJB)

Kelompok penyandang disabilitas diminta membuat proposal berisi daftar kebutuhan, berikut besaran dananya.

Suara.com - Keinginan untuk mampu berdikari secara ekonomi menjadi harapan siapa saja, tak memandang warna kulit, gender, maupun kategori-kategori sosial lain yang kerap kali dilekatkan. Kustini menjadi salah satu dari sekian juta orang yang menyimpan harapan itu.

Dia adalah Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Jawa Barat. Bersama para difabel lainnya, Kustini tak cuma mengandalkan harap, dia senang bekerja keras untuk mewujudkan harapannya.

Di bawah lembaga yang ia gerakkan, para difabel mendapatkan beragam pelatihan keterampilan untuk mengeksplorasi keahliannya di berbagai bidang, agar mampu menghasilkan sesuatu yang bernilai, bekal untuk mencapai kemandirian.

Di mata Kustini, para difabel memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor kewirausahaan. Tapi Kustini juga mafhum bahwa bekal keahlian dan daya juang saja tak cukup dalam mengarungi ketatnya persaingan dunia usaha.

Baca Juga: Tingkatkan Kesadaran, Insan Bank BJB Dibekali Pengetahuan tentang Covid-19

Modal menjadi salah satu faktor paling menentukan bagi setiap orang dalam merintis dan melebarkan sayap usaha. Kondisi itu, tentu saja membuat ia sempat merasa risau. Apalagi status sosial difabel yang melekat padanya dan kawan-kawan.

Kustini tahu betul, penyandang disabilitas kesulitan mengakses permodalan.Rasa gundah yang sempat menyelimuti itu akhirnya sirna, seiring keputusan kehadiran Kredit BJB Mesra, singkatan dari Masyarakat Ekonomi Sejahtera.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) bekerja sama dengan Bank BJB kini memperluas jangkauan pelayanan produk Kredit BJBJ Mesra, termasuk bagi para difabel.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB, Widi Hartoto mengatakan, langkah ini merupakan wujud nyata keberpihakan perseroan kepada seluruh kalangan masyarakat yang membutuhkan akses permodalan dalam membangun kemandirian ekonomi.

Tak melulu berorientasi pada keuntungan, Widi menuturkan, Bank BJB juga memiliki komitmen kuat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Bank BJB, SAS Hospitality, dan PT SAP Kerja Sama Penyaluran KUR Mikro

"Sebagai bank pembangunan daerah, Bank BJB memiliki peran sentral untuk menopang perkembangan perekonomian masyarakat. Langkah ini merupakan implementasi nyata dari semangat perseroan dalam mendukung pertumbuhan daerah. Kami meyakini, perluasan jangkauan ini akan memberi dampak positif mengingat Kredit bjb Mesra merupakan salah satu produk andalan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan kebutuhan akses permodalan lebih mudah," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar