Minat IPO di Tengah Pandemi Covid-19 Masih Tinggi

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Minat IPO di Tengah Pandemi Covid-19 Masih Tinggi
Kantor Bursa Efek Indonesia di Jakarta. [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Minat perusahaan yang ingin mencatatkan saham perdananya atau Intial Public Offering (IPO) di tanah air masih cukup tinggi.

Suara.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengklaim bahwa minat perusahaan yang ingin mencatatkan saham perdananya atau Intial Public Offering (IPO) di tanah air masih cukup tinggi meski ditengah-tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19.

"Dalam kondisi makro (external environment) yang dinamis seperti saat ini, kita patut bersyukur bahwa minat IPO di Indonesia tinggi," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/4/2020).

Berdasarkan data dari Ernst & Yourng global report, Nyoman mengatakan Indonesia menempati posisi tertinggi dari jumlah perusahaan yang melakukan IPO di ASEAN sampai dengan saat ini.

Adapun pertimbangan perusahaan untuk tetap melaksanakan IPO diantaranya, kebutuhan dana dari perusahaan untuk mengembangkan usaha, adanya dukungan kebijakan Otoritas Pasar Modal yang memberikan relaksasi jangka waktu umur Laporan Keuangan dan Laporan Penilai dalam rangka Penawaran Umum yaitu selama 2 bulan.

"Dan yang tidak kalah pentingnya juga adalah adanya support dari investor pasar modal untuk berpartisipasi di perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana," kata Nyoman.

Hari ini saja Kamis (9/4/2020), BEI melakukan pencatatan perdana saham untuk 3 perusahaan secara virtual.

Tiga perusahaan yang IPO tersebut adalah PT Cipta Selera Murni Tbk dengan kode saham CSMI, PT Aesler Grup Internasional Tbk dengan kode saham RONY dan PT Cahaya Bintang Medan Tbk dengan kode saham CBMF.

Ketiga perusahaan tersebut resmi menjadi emiten perusahaan tercatat ke-22, ke-23 dan ke-24 pada tahun 2020. Di hari sebelumnya juga ada dua perusahaan yang melakukan IPO.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS