Pembukaan 9 Sektor Ekonomi Disebut Penting di Tengah Pandemi Covid-19

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Pembukaan 9 Sektor Ekonomi Disebut Penting di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi corona dan peta Indonesia

Sektor pertanian berkontribusi hingga 13,47 persen dan sektor industri berkontribusi hingga 19,89 persen terhadap PDB.

Suara.com - Economics Content Coordinator Universitas Bina Nusantara Mohamad Ikhsan menyebut rencana pembukaan sembilan sektor penyelamat ekonomi dapat berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan tenaga kerja.

"Bagaimana 9 sektor tadi ini sangat signifikan dan penting bagi ekonomi Indonesia bukan hanya dari sisi pembentukan PDB, tetapi juga kontribusinya kepada tenaga kerja," ujar Ikhsan dalam siaran Youtube BNPB, Selasa (9/6/2020).

Sembilan sektor yang akan dibuka yakni pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian, peternakan, logistik, dan transportasi barang.

Ikhsan menuturkan, sektor pertanian berkontribusi hingga 13,47 persen dan sektor industri berkontribusi hingga 19,89 persen terhadap PDB.

Karenannya jika ditambahkan dengan sembilan sektor bisnis, kontribusinya bisa mencapai 65 persen.

"Terutama sektor pertanian dan industri itu kontribusinya kalau dari data triwulan I 2020 kemarin itu mencakup hampir 19 persan dan 13 persen dari total Pendapatan nasional Indonesia jika kesembilan sektor itu ditambahkan tadi itu kotribusinya lebih dari 65 persen dari 9 sektor ini," ucap dia.

Tak hanya itu, Ikhsan menuturkan pembukaan sembilan sektor ekonomi tersebut juga dapat menyerap sekitar 70 persen tenaga kerja.

"Masalah lapangan kerja dari total 150 juta angkatan kerja Indonesia, 70 persen ada dan bekerja di sektor ini. Terlepas dari pandemi ini cukup tinggi tapi yang perlu kita sadari bahwa hajat hidup orang banyak itu tidak bisa menunggu," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS