Selain Arus Kontainer, IPO Anak Usaha Pelindo II Juga Terdampak Corona

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Selain Arus Kontainer, IPO Anak Usaha Pelindo II Juga Terdampak Corona
Ilustrasi pelabuhan. [Pelindo]

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II ikut merasakan dampak saat pandemi covid-19. Terutama pada aktivitas arus kontainer.

Suara.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II ikut merasakan dampak saat pandemi covid-19. Terutama pada aktivitas arus kontainer.

Direktur Utama Pelindo II, Arif Suhartono mengungkapkan, aktivitas arus kontainer pada Juni 2020 mengalami penurunan 8,3 persen. Namun, kata Arif, capaian aktvitas ini lebih baik dibanding bulan sebelumnya.

"Pada Mei (turun) 11 persen tapi alhamdulilah Juni ada sedikit kenaikan, dibanding 2019 hanya turun 8,3 persen," ujar Arif dalam sebuah diskusi secara online, Jumat (24/7/2020).

Menurut Arif, penurunan aktivitas itu bukan hanya disebabkan oleh pandemi. Tetapi juga disebabkan oleh adanya momen Lebaran.

"Biasanya seminggu before dan after itu terjadi hampir tidak aktivitas meskipun Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun lalu," ucap Arif.

Arif menambahkan, tak hanya arus kontainer saja yang alami penurunan pada segmen non kontainer (11,8 persen), Shipping call (13,9 persen) dan penumpang (280 persen) juga alami penurunan.

Meski segmen penumpang turun tajam, tapi itu tak terlalu berpengaruh pada pendapatan perseroan.

"Penumpang kalau dari sisi Pelindo II engga terlalu berikan dampak finansial," tukas Arif.

Selain itu, Pelindo II juga mengundurkan rencana pelepasan saham atau Initial Public Offering (IPO) anak usaha.

Awalnya, dua anak usaha PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) dan PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) bakal IPO pada tahun ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS