Tips Menabung untuk Karyawan dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta

Dany Garjito | Vita
Tips Menabung untuk Karyawan dengan Gaji di Bawah Rp 5 Juta
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

Dengan gaji Rp 5 jutaan, Anda sudah dapat menabung dengan efektif. Berikut tipsnya.

Suara.com - Bagi seseorang yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta seringkali dibuat bingung untuk membagi mana yang untuk memenuhi kebutuhan dan mana yang untuk ditabung. 

Menabung merupakan bagian penting jika Anda ingin kondisi keuangan tetap aman dalam jangka waktu yang lama. Segudang manfaat dari menabung tidak hanya mempermudah Anda ke depannya namun juga melindungi Anda dari berbagai situasi darurat.

Saat ini yang Anda butuhkan agar bisa menabung dengan gaji pas-pasan tanpa harus takut kekurangan biaya untuk membayar kebutuhan lain adalah tips yang tepat dalam mengatur gaji. Agar tetap semangat untuk menabung.

Berikut beberapa tips dan simulasi dalam mengatur gaji di bawah 5 juta:

  1. Utamakan uang untuk menabung

    Saat hari gajian tiba, Anda harus langsung memisahkan dana untuk ditabung terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan uang tersebut. Jika Anda sanggup menyisihkan mulai dari 10-30 persen dari gaji yang Anda terima.

  2. Buat tabungan alternatif

    Tabungan alternatif dapat Anda pilih dengan berbagai cara yang semakin mudah. Jika sebelumnya Anda membayangkan menabung sekaligus investasi akan menjadi hal yang sulit. Saat ini Anda dapat memilih tabungan alternatif dalam bentuk investasi emas seperti yang ditawarkan oleh PT Pegadaian dan bank syariah. Investasi tersebut berbentuk seperti cicilan setiap bulannya sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan gaji Anda.

  3. Kebutuhan operasional

    Dana operasional seperti biaya untuk transportasi setiap hari, makan, hiburan dan belanja bulanan mungkin Anda bisa menguranginya dan dipindahkan pada tabungan.

  4. Hindari penggunaan kartu kredit

    Penggunaan kartu kredit sudah menjadi sebuah gaya hidup, namun jika Anda merasa gaji Anda masih kurang, sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit kecuali dalam hal-hal tertentu dan memang dibutuhkan.

  5. Aktifkan rekening tabungan autodebit

    Sudah banyak bank yang menyediakan transaksi berupa autodebit yaitu pemotongan uang dalam jumlah tertentu dan di tanggal tertentu untuk dimasukkan ke dalam rekening atau tabungan lainnya. Hal ini cukup efisien agar Anda dapat mengontrol jumlah pengeluaran Anda.

Itulah tips menabung untuk karyawan dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS