alexametrics

Pandemi Memaksa Pengembang Memikirkan Ulang Desain Rumah dan Apartemen

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Pandemi Memaksa Pengembang Memikirkan Ulang Desain Rumah dan Apartemen
Waterfall by Crown Group.

Pandemi telah memaksa banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Suara.com - Salah satu pengembang teratas di Australia menyerukan kepada industri pengembangan hunian dan Pemerintah untuk memikirkan kembali standar desain bangunan sehingga mereka dapat mendorong kesejahteraan fisik dan mental lebih baik pasca COVID-19.

Komisaris dan CEO Crown Group, Iwan Sunito mengatakan, pandemi telah memaksa banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, sehingga menciptakan kebutuhan yang lebih mendesak atas rancangan agar lebih mendorong rasa tenang, relaksasi, dan produktivitas.

“Banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dan belajar dari rumah, menyekolahkan anak-anak mereka di rumah dan berolahraga serta berekreasi,” kata Iwan dalam keterangannya, Selasa (27/10/2020).

Menurut Iwan, mereka yang tinggal di hunian yang dirancang dengan baik akan menawarkan banyak ruang hidup dan kerja, akses ke taman dan udara segar, serta fasilitas seperti area bermain, fasilitas kebugaran, dan ruang musik, akan jauh lebih mampu menyesuaikan diri dengan gaya hidup yang baru ini.

Baca Juga: Harga Properti Meroket Setelah Vaksin Corona Ditemukan

“Beberapa pengembang bersaing dalam bidang ini, pemukiman sehat bernilai sekitar Rp 1,34 triliun, atau 1,5% dari konstruksi global, menurut Global Wellness Institute. Namun sayangnya, tidak semua hunian dirancang seperti ini, dan para penghuninya benar-benar dapat merasakan perbedaannya," ucapnya.

Iwan menyebut, pandemi memaksa pemikiran ulang atas desain rumah dan apartemen sehingga semua penghuni dapat merasa aman, santai, dan terhubung secara sosial saat berada di rumah.

Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan kesehatan fisik dan mental yang lebih baik di seluruh dunia. Industri perhotelan sangat fokus pada kesehatan, industri perumahan juga perlu melakukannya.

“Ini bukan hanya tentang bangunan yang berkelanjutan tetapi gaya hidup berkelanjutan,” kata Iwan.

Iwan Sunito mengatakan, salah satu langkah pertama yang harus dilakukan oleh pengembang dan desainer adalah membawa alam ke dalam bangunan, tanaman hijau, air, cahaya alami dan udara segar.

Baca Juga: Pengusaha Properti Robby Sumampouw Meninggal Dunia

“Banyak penelitian di seluruh dunia telah membuktikan bahwa berada di antara alam dapat meningkatkan suasana hati dan bahkan kecerdasan kita,” kata Sunito.

Komentar