alexametrics

Sri Mulyani Ikut Senang Mendengar Hasil Uji Klinis Vaksin Pfizer

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Sri Mulyani Ikut Senang Mendengar Hasil Uji Klinis Vaksin Pfizer
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut baik hasil positif uji klinis vaksin virus corona.

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyambut baik hasil positif uji klinis vaksin virus corona atau Covid-19 yang diproduksi Pfizer, menurut dia hasil uji ini menimbulkan sentimen positif bagi ekonomi global.

"Ada beberapa berita positif disampaikan, penemuan efektivitas salah satu vaksin Pfizer timbulkan sentimen positif seluruh dunia, hasil Pemilu AS juga diharapkan timbulkan sentimen positif," kata Sri Mulyani dalam sebuah webinar yang dilakukan secara virtual, Selasa (10/11/2020).

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini sentimen positif ini diperlukan bagi ekonomi global yang sudah hampir 9 bulan ini mendapat tekanan hebat akibat pandemi corona.

"Sekarang bulan ke-9 atau menjelang bulan ke-10 Covid-19, sesudah didecalare pendemi, kita semua tahu covid ini merupakan masalah kesehatan telah menyebabkan domino effect masalah sosial, ekonomi, keuangan di seluruh dunia," paparnya.

Baca Juga: Enggan Kalah dari Pfizer, Rusia Klaim Vaksin Covid-19 Miliknya 90% Efekif

Meski begitu kata dia penyebaran virus corona memang tidak mudah dikendalikan dan menjadi salah satu tantangan bagi dunia. Apalagi saat terjadi gelombang kedua penyebaran virus corona di sejumlah negara di AS dan Eropa.

"Sementara Covid-19 masih terus berlanjut di mana jumlah positif masih meningkat bahkan di negara-negara AS, Eropa mengalami second wave (gelombang kedua). Memasuki Desember atau menjelang winter dan melihat semua negara berupaya kendalikan penyebaran Covid-19, tingkat kematian dan tingkat kesembuhan," paparnya.

Perusahaan farmasi Pfizer mengumumkan hasil yang menjanjikan terkait uji klinis tahap III vaksin virus corona atau Covid-19 yang mereka kembangkan.

Pfizer mengatakan vaksin eksperimentalnya lebih dari 90 persen efektif dalam mencegah Covid-19, berdasarkan data awal, sebuah kemenangan dalam pertempuran melawan pandemi yang memaksa penguncian di seluruh dunia.

Baca Juga: Diuji Tim Independen, Vaksin Pfizer Terbukti 90 Persen Ampuh Tangkal Corona

Komentar