alexametrics

Anggota Pepabri Ini Mengaku Puas dengan Pelayanan JKN - KIS

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Anggota Pepabri Ini Mengaku Puas dengan Pelayanan JKN - KIS
Peserta BPJS Kesehatan. (Dok : BPJS Kesehatan).

Program JKN-KIS sangat membantu dirinya apabila ia membutuhkan pelayanan kesehatan.

Suara.com - Memasuki usia senja, kondisi fisik akan mulai rentan terhadap penyakit. kekebalan tubuh tersebut seakan mulai melemah untuk emlawan berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Dengan begitu, sangat dibutuhkan adanya jaminan kesehatan untuk menjamin kesehatannya, baik dari segi finansial maupun palyanan kesehatan yang bisa diberikan di berbagai fasilitas kesehatan.

Hadirnya program Jaminan Kesehatan nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS) yang diselenggarakan BPJS kesehatan tentu menjadi angin segar, khususnya bagi Katerina (70).

Wanita berdarah asli Ambon ini mengaku kehadiran Program JKN-KIS sangat membantu dirinya apabila ia membutuhkan pelayanan kesehatan.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Apresiasi Anggota KORPRI dalam Penerapan Protokol Kesehatan

Dirinya menyebut dengan adanya program besutan BPJS kesehatan itu, dirinya sudah tidak perlu mengeluarkan biaya saat ia mengakses pelayanan kesehatan baik di Puskesmas hingga rumah sakit.

“Saya selalu merasa puas dan nyaman ketika berobat menggunakan JKN-KIS, saya mendapatkan hak-hak saya dan pelayanan yang nyaman, kuncinya adalah mengikuti prosedur yang ditetapkan,” jelas Katerina.

Katerina yang merupakan istri dari seorang Tentara Nasional indonesia (TNI) asal Karangasem ini masih aktif berorganisasi di Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri) Karangasem.

Saat mengikuti acara Sarasehan Pepbari yang dilaksanakan di Candidasa Karangasem lalu, ia menceritakan pengalamannya menjadi Peserta JKN-KIS saat mengakses pelayanan kesehatan, kebetulan juga ia adalah salah satu peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang mengidap Diabetes Mellitus (DM).

“Setiap bulan saya kontrol DM ke RSUD Karangasem, saya juga terdaftar sebagai salah satu peserta Prolanis BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, berkat edukasi kesehatan dan pengobatan rutin yang saya dapatkan membuat kondisi saya sehat-sehat saja,” lanjut ibu dari 3 anak itu.

Baca Juga: Di Forum Internasional, BPJS Kesehatan : Indonesia Bersatu Tangani Covid-19

Saat ditanya mengenai akses pelayanan JKN - KIS yang ia rasakan, Katerina menjawab jika selama ini ia mengakses layanan dengan lancar tanpa kendala, yang terpenting menurutnya adalah mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah maka segala prosesnya akan berjalan dengan baik.

Komentar