alexametrics

CIMB Niaga Gaungkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
CIMB Niaga Gaungkan Gerakan Bangga Buatan Indonesia
Kantor cabang Bank CIMB Niaga di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (9/7/2016). [Suara.com/Adhitya Himawan]

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) hari ini kembali menyelenggarakan Forum Indonesia Bangkit mengusung tema Bangga Buatan Indonesia.

Suara.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) hari ini kembali menyelenggarakan Forum Indonesia Bangkit mengusung tema Bangga Buatan Indonesia: Bangkitkan Ekonomi Nasional melalui Industri Kreatif Lokal.

Forum Indonesia Bangkit Vol. 2 berangkat dari kesadaran bahwa Indonesia memiliki banyak potensi serta talenta terbaik yang menghasilkan beragam produk dan karya berkualitas dengan daya saing tinggi.

Oleh karenanya, kegiatan ini menghadirkan sejumlah nara sumber yang membahas strategi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), serta potensi ekonomi kreatif lokal menghadapi tantangan pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan mengatakan, CIMB Niaga berperan aktif dalam menggaungkan semangat bangga menggunakan produk lokal buatan anak bangsa.

Baca Juga: Ini Upaya CIMB Niaga Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Hal tersebut menjadi wujud nyata dalam mendukung pengusaha UKM dan pelaku industri kreatif di Indonesia agar terus berkembang dan dapat menembus pasar internasional. Dukungan tersebut penting, mengingat UKM dan industri kreatif memiliki peranan signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Berdasarkan data Indonesian Banking Statistic dari Otoritas Jasa Keuangan dan Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 64 juta pelaku UKM di Indonesia yang menyerap 116,9 juta tenaga kerja.

Selain itu, dari hasil riset BPS dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada 2019, sektor ekonomi kreatif telah menyumbang sekitar 5,10 persen terhadap total produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan menyerap 19 juta pekerja. Adapun, sektor ekonomi kreatif di tahun yang sama telah berhasil menyumbangkan nilai ekspor sebesar 22,07 miliar dolar AS.

"Melalui Forum Indonesia Bangkit Vol. 2, kami membuka ruang bagi masyarakat dan nasabah untuk berdiskusi secara virtual dengan para nara sumber yang ahli di bidangnya, sehingga bermanfaat untuk mendukung pengembangan bisnisnya," ujar Tigor dalam Forum Indonesia Bangkit secara virtual, Kamis (15/7/2021).

"Kami terus berkomitmen membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, komunitas, maupun swasta, serta siap menjadi mitra bagi pebisnis UKM dan pelaku industri kreatif lokal dalam melewati masa-masa sulit saat ini," tambah Tigor.

Baca Juga: Wapres Maruf: 2023 Diharapkan Seluruh Daerah Indonesia Sudah Terjangkau Internet

Pada kesempatan yang sama, Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan Strategi Kemenparekraf dalam Semangat Bangga Wisata Indonesia dan Industri Kreatif Lokal. Di antara inisiatif yang telah dilakukan yaitu melalui konsep desa wisata sebagai wisata baru berbasis alam terbuka.