facebook

Zenius Jadi Platform Edukasi yang Telah Diakses 20 Juta Pengguna

Iwan Supriyatna
Zenius Jadi Platform Edukasi yang Telah Diakses 20 Juta Pengguna
Zenius.

Zenius menjadi salah satu platform edukasi terdepan di Indonesia, yang memiliki lebih dari 20 juta pengguna di website dan aplikasi.

Suara.com - Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan kecerdasan buatan (AI) dan machine-learning berkontribusi banyak pada pengembangan sistem pendidikan yang lebih baik.

Setiap siswa di kelas memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sehingga dibutuhkan pendekatan khusus untuk dapat memaksimalkan potensi mereka masing-masing.

Namun, karena keterbatasan sumber daya, materi pelajaran tidak bisa diberikan mengikuti kemampuan masing-masing siswa yang ada di kelas.

Kini, kecanggihan teknologi berhasil menghadirkan sistem baru yang lebih baik, yakni pembelajaran adaptif (adaptive learning).

Baca Juga: Saratoga Perluas Investasi di Bidang Pendidikan

Metode ini memungkinkan materi pelajaran dipersonalisasi atau dirancang khusus sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa, untuk memfasilitasi tingkat pemahaman dan pengetahuan mereka yang berbeda-beda.

Sistem pembelajaran adaptif ini bisa menjadi solusi bagi masa depan pendidikan Indonesia, karena setiap siswa dapat berkembang dan belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya sendiri.

Secara global, penerapan metode pembelajaran adaptif semakin meluas. Salah satu contoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari adalah aplikasi latihan bahasa, Duolingo.

Duolingo memungkinkan setiap pengguna untuk memecahkan soal latihan dan mempelajari level bahasa baru, sesuai dengan tingkat pemahaman mereka.

Berkat kecanggihan pembelajaran adaptif ini, Duolingo menjadi salah satu aplikasi pelatihan bahasa yang paling populer, dengan total 500 juta pengguna global.

Baca Juga: Atase Pendidikan dan Kebudayaan Tokyo dan PPI Jepang Kembangkan Aplikasi Keanggotaan

Di Indonesia sendiri, penerapan pembelajaran adaptif digarap secara serius oleh Zenius. Sebagai pionir di bidang teknologi edukasi (edtech), Zenius menjadi edtech pertama di sektor K12 yang mengadopsi metode pembelajaran adaptif sejak awal Juli 2021 melalui fitur terbarunya, ZenCore.

Komentar