facebook

Diklaim Makin Baik, Kecepatan Internet Indonesia Kategori Paling Lemot se-Asia Tenggara

M Nurhadi
Diklaim Makin Baik, Kecepatan Internet Indonesia Kategori Paling Lemot se-Asia Tenggara
Kecepatan internet. [Biznet]

Indonesia hanya berada satu tingkat di atas Kamboja (13,96 Mbps).

Suara.com - Kualitas internet bisa dibilang salah satu yang tertinggal dibandingkan dengan negara berkembang lainnya. Bahkan, meski terbilang 'berkembang', kecepatan internet di Indonesia juga terbilang paling lemot di Asia Tenggara.

Tidak hanya kecepatan yang lamban, internet hingga kini masih menjadi salah satu barang langka di beberapa daerah. Hal ini lantaran kurang merata-nya pembangunan dan sulitnya akses jaringan.

Mengutip dari laman Speedtest, Indonesia memang mengalami peningkatan kualitas kinerja seluler dan ketersediaan jaringan 4G.

Sebelumnya, kecepatan download di Indonesia ada di angka 4,23 Mbps dan upload 10,55 Mbps. Kini, kecepatan upload berada di angka 14,78 Mbps.

Baca Juga: 5 Tempat Paling Ikonik di Batam, Mulai Dari Wisata Alam Hingga Peninggalan Sejarah

Dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara, Indonesia bisa dibilang kalah jauh. Indonesia hanya berada satu tingkat di atas Kamboja (13,96 Mbps).

Dalam laporan ini, SpeedTest juga mengungkap bahwa ketersediaan 4G mendekati atau di atas 80 persen selama Q2 2021.

Korea Selatan memiliki peringkat pertama dengan 95,7 persen ketersediaan 4G, diikuti Singapura (93,9 persen) dan India (91,7 persen).

Sementara Indonesia berada di peringkat keempat ketersediaan 4G selama kuartal kedua tahun ini dengan angka 89,2 persen.

Pada kategori ini, peringkat Indonesia masih lebih baik dibanding Malaysia, Laos, Thailand, Kamboja, Filipina, Brunei, dan Vietnam.

Baca Juga: Nium, Startup Portfolio MDI Ventures Jadi Unicorn-Global B2B Payments di Asia Tenggara

Komentar