alexametrics

KBRI Tokyo Gelar Forum Bisnis Kelautan dan Perikanan di Kota Kesennuma Jepang

Siswanto
KBRI Tokyo Gelar Forum Bisnis Kelautan dan Perikanan di Kota Kesennuma Jepang
Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dan Walikota Kesennuma Shigeru Sugawara [dokumentasi]

Forum dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dan Wali Kota Kesennuma Shigeru Sugawara.

Suara.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia  Tokyo bekerja sama dengan kantor Wali Kota Kesennuma telah menyelenggarakan Forum Bisnis Kelautan dan Perikanan Indonesia – Jepang di Kota Kesennuma, Jepang pada Kamis, 2 Desember 2021.

Forum yang dibuka oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dan Wali Kota Kesennuma Shigeru Sugawara ini dihadiri oleh Ketua Kamar Dagang dan Industri Kesennuma Akihiko Sugawara beserta anggotanya yang merupakan pemilik usaha bidang kelautan dan perikanan mulai dari pemilik kapal, perusahaan pengolahan hasil laut, pembuatan es, pergudangan, hingga penyalur tenaga kerja di Kesennuma.

“Ada dua hal yang saya tekankan dalam forum ini; pertama, ajakan bagi pengusaha industri perikanan dari Kesennuma untuk meningkatkan jumlah armada kapal penangkap ikan di Indonesia; kedua, saya mendorong kerja sama pembentukan sekolah vokasi untuk penyiapan tenaga kerja berkeahlian khusus bidang kelautan dan perikanan khususnya di Benoa, Bali yang merupakan tempat persinggahan 40 kapal dari Kesennuma,” kata Dubes Heri yang didampingi oleh Atase Perhubungan Syamsu Rizal, Kepala Bidang Pensosbud Meinarti Fauzie, Atase Keuangan Sonny Surachman, Kepala Indonesia Investment and Promotion Center Mohamad Riffana dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya.

Selain itu, Dubes Heri juga menawarkan pebisnis Kesennuma untuk berinvestasi pada enam Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu  di Indonesia yang merupakan kerja sama dengan Japan International Cooperation Agency.

Wali Kota Kesennuma Shigeru Sugawara menanggapi positif ajakan Dubes Heri dalam penguatan kerja sama bidang perikanan antara Indonesia dengan Kota Kesennuma.

“Kami menyambut baik tawaran Duta Besar Heri Akhmadi terkait investasi dari Kota Kesennuma di Indonesia, termasuk pendidikan bagi tenaga kerja bidang perikanan untuk mendukung industri perikanan di Kesennuma,” kata Shigeru Sugawara.

Persiapan Minato Matsuri 2022

Di sela-sela forum tersebut, dibahas persiapan Kesennuma Minato Matsuri (Festival Pelabuhan Kesennuma) yang dijadwalkan pada 6-7 Agustus 2022 di Kota Kesennuma.

Wali Kota Kesennuma menyambut baik komitmen Indonesia untuk kembali berpartisipasi dalam kegiatan festival seni budaya ini.

Baca Juga: Disambut Antusias, Gelaran Wayang Kulit di Festival Indonesia Disaksikan 600 Warga Jepang

Dubes Heri pada kesempatan ini mengundang Wali Kota Kesennuma untuk berkunjung ke Bali dan mengajak Kota Kesennuma untuk menyelenggarakan Parade Kesennuma di Kota Bali guna semakin memperkuat pertukaran budaya antara Indonesia dan Jepang.

Parade Indonesia pada Kesennuma Minato Matsuri merupakan kegiatan rutin tahunan yang ditunggu-tunggu di kota ini. Tahun 2020 dan 2021 karena pandemi, secara berturut-turut festival ini ditiadakan dan dilaksanakan secara daring.

Indonesia dan Kesennuma memiliki kedekatan khusus yang terjalin sejak lama. Persahabatan itu semakin erat pasca bencana tsunami yang menimpa Kesennuma pada Maret 2011 di mana Indonesia mengirimkan tim penyelamat ke Kesennuma dan wilayah lainnya di Prefektur Miyagi, serta menyumbangkan dana sebesar US$ 2 juta untuk membantu proses pemulihan para korban bencana.

Dalam kesempatan terpisah, Dubes Heri juga mengunjungi Balai Anak Persahabatan Yudhoyono yang berdiri sejak tahun 2018 di Perpustakaan Kota Kesennuma.

Baca Juga: Ingin Cepat Mahir Bahasa Jepang? Yuk, Coba 4 Cara Ampuh Ini!

Komentar