facebook

10 Komoditas Ekspor Terbesar dari Turki, dari Otomotif Hingga Perhiasan

M Nurhadi
10 Komoditas Ekspor Terbesar dari Turki, dari Otomotif Hingga Perhiasan
Ilustrasi

Kendaraan dan mesin merupakan dua komoditas ekspor andalan Turki. Komoditas ini dipastikan akan terdampak inflasi.

Suara.com - Inflasi yang mencapai 78% membawa dampak buruk pada komoditas ekspor Turki. Nilai mata uang lira yang anjlok sebagai akibat dari inflasi tersebut membuat barang-barang asal Turki bisa dibeli dengan sangat murah dengan mata uang luar negeri. 

Menghadapi kondisi ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan belum akan mengambil langkah untuk menaikkan bunga bank. Dia masih berpegang teguh pada prinsip Islam, agama yang paling banyak dianut masyarakat Turki, yang meyakini bahwa menarik bunga sama dengan riba yang akan mendatangkan malapetaka. 

Sebagai contoh satu lira saat ini hanya senilai Rp887. Dengan demikian, jika kamu ingin membeli barang dengan harga 100 lira, maka kamu cukup membayar Rp88.700.

Padahal 100 lira merupakan nilai yang sangat tinggi. Di Turki, nominal ini senilai dengan skincare kualitas wahid yang tentu saja jauh lebih murah jika dibandingkan harga kosmetik berkualitas di Indonesia. 

Baca Juga: Jutaan Orang di Jerman Jatuh Miskin

Turki sendiri menjual berbagai komoditasnya ke luar negeri. Data dari https://www.worldstopexports.com/ menyebutkan ada sepuluh komoditas unggulan Turki yang diekspor ke seluruh dunia. Aktivitas ekspor ini dipastikan bakal terganggu akibat inflasi dan krisis ekonomi yang melanda negara tersebut. Berikut sepuluh komoditas ekspor andalan Turki. 

1. Kendaraan: USD 25 miliar (11,1% dari total ekspor)

2. Mesin termasuk komputer: USD 20.8 miliar (9.2%)

3. Besi, baja: USD 17.1 miliar (7.6%)

4. Mesin listrik, peralatan: USD 12 miliar (5,3%)

Baca Juga: Jelang Idul Adha, TPID Kaltim Digandeng BI untuk Kawal Inflasi di Benua Etam

5. Permata, logam mulia: USD 11 miliar (4.9%)

Komentar