Penerimaan Pajak Capai Target, Timbal Balik ke Wajib Pajaknya Gimana?

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Penerimaan Pajak Capai Target, Timbal Balik ke Wajib Pajaknya Gimana?
Ilustrasi pajak. (Pixabay)

2 tahun terakhir penerimaan pajak pemerintah selalu berhasil mencapai target yang ditetapkan.

Suara.com - Direktur Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Suryo Utomo mengatakan Suryo Utomo mengaku bersyukur bahwa selama 2 tahun terakhir penerimaan pajak pemerintah selalu berhasil mencapai target yang ditetapkan.

Dirinya pun mengakui hasil tersebut merupakan campur tangan yang diberikan tuhan.

"Ini adalah kesempatan yang tuhan berikan," kata Suryo dalam acara memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 secara virtual, Selasa (6/12/2022).

Dirinya menuturkan bahwa kerja keras dan pelayanan terbaik yang diberikan pegawai pajak kepada para Wajib Pajak (WP) merupakan buah hasil mengapa penerimaan pajak selalu mencapai target. Meskipun dirinya tak menampik faktor harga komoditas juga ikut turut membantu.

Baca Juga: Terbongkar Kebenaran Transgender? Bunda Corla Diingatkan Sholat Jum'at Oleh Sosok Ini

"Karena kita bekerja baik, kita berlakukan Wajib Pajak dengan sebaik-baiknya dan Tuhan kirim pesan harga komoditas baik, ekonomi baik," katanya.

Diketahui realisasi penerimaan perpajakan tahun 2021 mencapai Rp1.547,8 triliun atau setara 107,15 persen dari target yang ada di Undang-undang APBN 2021.

Sementara itu pada tahun ini realisasi penerimaan pajak diprediksi kembali mencapai target, pasalnya hingga Oktober 2022 penerimaan telah mencapai Rp1448,2 triliun atau 97,5 persen dari target yang ada dalam Perpres 98.

"Kami di Pajak memperlakukan manusia yang memiliki karakter dan kesempatan atau awarenes kepada masyarakat sekeliling. Kepada wajib pajak juga diperlakukan sebagai manusia yang sempurna, ada kurang dikit kita kasih kabar, kalau tidak datang-datang kita periksa,” ujarnya.

Baca Juga: Banjir Aduan Gara-gara PBB di Solo Naik Ugal-ugalan, Gibran: Kita Pusing, Targetnya Tinggi