Kaka Pilih Pensiun, AC Milan Gigit Jari

Liberty Jemadu
Kaka Pilih Pensiun, AC Milan Gigit Jari
Ricardo Kaka menyapa para pendukung AC Milan di San Siro pada 23 November lalu. [AFP/Miguel Medina]

Tak banyak pesepak bola dunia yang sukses seperti Kaka.

Suara.com - Ricardo Kaka, legenda sepak bola Brasil dan AC Milan, pada Minggu (17/12/2017), mengumumkan pensiun dari lapangan hijau. Pesepak bola 35 tahun itu terakhir kali membela Orlando City di  liga domestik Amerika Serikat (MLS).

Orang terakhir yang memenangkan Ballon d'Or sebelum penghargaan bergengsi itu didominasi oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo berencana melanjutkan karier sebagai direktur sport dan bahkan mengaku menolak pinangan AC Milan untuk kembali berlaga di Serie A.

"Kini saya akan mempersiapkan diri untuk menemukan fungsi lain di sepak bola," kata Kaka yang pernah merebut gelar Piala Dunia, Liga Champions, Serie A, dan La Liga itu.

"Saya ingin bergabung dengan sebuah klub sebagai direktur sport, seseorang yang berada di antara lapangan dan klub," imbuh dia.

Kaka juga mengatakan bahwa sebagaimana ia menghabiskan banyak waktu untuk menjadi pemain hebat, ia juga ingin mempersiapkan diri dengan baik sebelum bekerja di balik layar.

"Fakta bahwa saya sukses sebagai pemain profesional tak berarti saya otomatis akan menjadi direktur yang baik, jadi saya ingin mempersiapkan diri dari sekarang. Saya akan belajar, memantau, mendekati beberapa klub, terutama klub yang pernah saya bela," beber dia.

Ia juga mengungkapkan bahwa AC Milan, klub yang pernah dibawanya menjuarai Liga Champions, sempat mengajaknya untuk kembali bermain. Tetapi tawaran itu dia tolak. Kaka baru-baru ini diketahui melawat ke Eropa, termasuk ketika menyaksikan laga Liga Eropa antara Milan melawan klun Austria, Wien.

"Milan baru-baru ini menawarkan saya untuk bermain, jadi saya berkunjung ke sana untuk memahami cara kerja klub. Ini adalah hal-hal yang akan saya mulai untuk mempersiapkan diri," jelas dia.

Kaka, yang mengawali kariernya bersama Sao Paulo, sudah 92 kali membela tim nasional Brasil. Ia turut mempersembahkan Piala Dunia untuk negaranya pada 2002. Ia mencetak 29 gol selama 92 kali membela Brasil.

Dikenal sebagai gelandang dengan kemampuan dribble yang memesona, Kaka menikmati masa keemasan bersama AC Milan selama periode 2003-2009. Bersama Rossoneri, ia memenangkan Scudetto pada 2004, Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub pada 2007. Pada tahun yang sama ia dianugerahi gelar Ballon d'Or.

Ia digaet Real Madrid pada Juni 2009 dan pada 2011 ia membawa Los Blancos menjuarai kompetisi Copa del Rey. Dibekap cedera, Kaka pulang ke Milan pada 2013, sebelum hijrah ke AS pada 2014.

Tak banyak pesepak bola dunia yang sukses seperti Kaka. Selain dirinya hanya Bobby Charlton, Gerd Muller, Franz Beckenbauer, Paolo Rossi, Zinedine Zidane, Rivaldo, dan Ronaldinho yang pernah menjuarai Piala Dunia, Liga Champions, dan memenangkan Ballon d'Or sekaligus. (Soccerway/BBC)

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Selamat siang para pejuang kehidupan 💪
#QuotesOfTheDay

INFOGRAFIS