Legenda Milan, George Weah Jadi Presiden Liberia

Reky Kalumata
Legenda Milan, George Weah Jadi Presiden Liberia
Mantan pemain AC Milan George Weah memenangi pemilihan Presiden Liberia. JOEL SAGET / AFP

Mengalahkan saingannya, Joseph Boakai

Suara.com - Mantan bintang AC Milan George Weah terpilih sebagai Presiden Liberia. Pemain peraih Ballon d'Or 1995 itu unggul dari kandidat lainnya untuk menjadi Presiden Liberia.

Weah memenangkan lebih dari 60 persen suara untuk mengalahkan Wakil Presiden Joseph Boakai. Weah sukses memenangi 12 dari 15 daerah pemilihan untuk menjadi presiden Liberia periode 2017-2023.

Ia akan menggantikan Ellen Johnson Sirleaf, presiden wanita pertama Liberia yang sejak 2006 memegang kekuasaan sebagai pemimpin negara Afrika barat itu.

“Saya berterima kasih kepada keluarga, teman, dan pendukung setia saya yang berkontribusi pada kampanye kami selama musim pemilihan yang sangat panjang ini." kata Weah dalam akun Twitternya

Sebelum terjun ke dunia politik, Weah dibesarkan di sebuah perkampungan kumuh di ibukota Monrovia, merupakan bintang sepakbola dan striker terkenal di masanya.

Ia diboyong ke Eropa oleh Arsene Wenger ke AS Monaco pada 1988. Weah mencetak 47 gol di liga dan pindah ke Paris St Germain dan mencetak 55 gol dari 138 penampilan.

Pelatih Fabio Capello ahirnya memboyongnya ke Milan dan di situ menjadi puncak karirnya, Ia berperan membantu Rossoneri menyumbangkan dua Scudetto.

George Weah (kanan) saat masih memperkuat AC Milan menghadapi hadangan pemain Lazio Diego Fuser. (AFP/GERARD JULIEN)

Weah merupakan pemain asal Afrika satu-satunya yang pernah meraih gelar Ballon d'Or di 1995. Ia juga dampuk sebagai pemain Terbaik Dunia FIFA.

Ia juga meraih penghargaan Pemain Terbaik Afrika pada 1989, 1994, dan 1995. Weah juga tercatat pernah memperkuat Chelsea dan Manchester City di awal milenium.

Ia memutuskan gantung sepatu pada 2003 dan aktif terjun di dunia politik setahun kemudian. Sejak 2005, pemain berjuluk King George ini mencoba ambisinya menjadi presiden Liberia.

"Sukses untuk George Weah adalah kemenangan bagi seluruh negara," kata pendukungnya Randall Zarkpah di markas besar partai George Weah seperti dilansir ABC News.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS