Tajir Melintir, Bayaran Wasit di Serie A Bisa 12 Kali Lipat Liga 1

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Tajir Melintir, Bayaran Wasit di Serie A Bisa 12 Kali Lipat Liga 1

Kalo gaji wasit Indonesia segini bisa makmur jaya.

Suara.com - Bisa jadi kompetisi di Serie A Italia tak seglamor bila dibandingkan dengan La Liga atau Liga Primer Inggris. Tapi soal bayaran pemain, kompetisi kasta tertinggi di negeri Pizza itu tak kalah menggiurkan lho dibanding liga Eropa lainnya. Nah, menariknya tak hanya pemain yang bergaji tinggi, wasit di sana juga bayarannya lumayan yahud.

Cristiano Ronaldo misalnya. Sejak diboyong dari Real Madrid pada awal musim 2018/2019, ia mendapatkan bayaran sebesar 30 juta euro atau setara Rp502 miliar per tahun, 2,5 juta euro (setara Rp41,8 miliar) per bulan, dan 576.923 euro (setara Rp9,6 miliar) per pekan.

Namun, tidak hanya para pemain yang menikmati gelontoran uang melimpah di Serie A Italia. Para pengadil lapangan atau wasit juga tidak kalah.

Dilansir dari Brevenews, wasit di Serie A Italia mendapatkan bayaran yang terbilang tinggi. Sekali pertandingan, wasit utama akan mendapat upah sebesar 3.800 euro atau setara Rp 60 juta. Untuk asisten wasit menerima bayaran Rp16 juta per laga, sementara wasit cadangan menerima Rp8 juta per laga.

Di Serie A Italia sendiri juga sudah menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Para wasit yang bekerja mengawasi VAR juga mendapatkan bayaran yang tidak kalah tinggi, yakni 1.500 euro atau Rp 24 juta per laga untuk wasit utama dan Rp 11 juta untuk sang asisten pada setiap pertandingan.

Jika dibandingkan dengan para wasit di Liga 1, tentu jumlah itu sangatlah jauh. Dari informasi yang diterima Bolatimes.com, wasit kompetisi teratas sepak bola Indonesia 'hanya' mendapatkan upah sebesar Rp 5 juta dan Rp 3 juta untuk asisten wasit.

Di Italia, wasit dengan penghasilan paling besar adalah Nicola Rizzoli. Ia tercatat mengantongi bayaran sebesar Rp3,2 miliar per tahun. Gabriele Gava dan Andrea Stevani yang bertugas sebagai asisten wasit mendapatkan gaji Rp720 juta. (bolatimes.com)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS