Ricuh di SUGBK, Bagaimana Nasib Bidding Indonesia di Piala Dunia U-20 2021?

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Ricuh di SUGBK, Bagaimana Nasib Bidding Indonesia di Piala Dunia U-20 2021?
Aparat kepolisian berjaga usai membubarkan sekelompok suporter yang membuat gaduh di SUGBK, Kamis (5/9/2019). [Suara.com/Adie Prasetyo]

Indonesia satu-satunya negara Asia yang maju sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021

Suara.com - Ricuh suporter yang terjadi saat laga timnas Indonesia menjamu Malaysia telah mencoreng nama baik bangsa di saat PSSI tengah berupaya berjuang agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, melawan Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019), para oknum suporter melakukan tindakan yang tidak terpuji.

Dari mulai membuat koreografi provokasi, nyanyian rasialis, hingga melempari fans Malaysia dengan berbagai benda seperti botol minuman dan bom asap. Tidak hanya itu, oknum suporter juga terlibat bentrokan dengan petugas keamanan.

Tidak sampai di situ, timnas Indonesia juga menelan kekalahan 2-3 di laga tersebut. Hasil tersebut tentu menjadi tamparan sendiri bagi bangsa Indonesia.

"Kami sangat menyayangkan yang terjadi ini, terutamanya di kualifikasi Piala Dunia ini. Karena baru pertama kali ikut semenjak lepas dari sanksi FIFA. Dan mempertimbangkan bidding Piala Dunia U-20 untuk tahun 2021," kata Tisha.

"Kejadian ini untuk kita sama-sama merefleksikan diri baik PSSI sendiri, suporter dan semua pihak yang ada, tidak ada yang perlu disalahkan," jelasnya.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2019). [Suara.com/Adie Prasetyo]
Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria ditemui di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2019). [Suara.com/Adie Prasetyo]

Meski begitu, Tisha belum berani menjawab lebih lanjut apakah ricuh suporter ini bisa mempengaruhi Indonesia dalam mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Nah, itu saya tidak bisa jawab. Tapi mari bersama merefleksikan diri apa yang terjadi hari ini, kita songsong optimisme," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia yang maju sebagai calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Indonesia akan bersaing dengan Brasil dan Peru yang juga maju.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS