Meraba Peluang Timnas Indonesia Usai Berlutut di Stadion Bukit Jalil

Syaiful Rachman
Meraba Peluang Timnas Indonesia Usai Berlutut di Stadion Bukit Jalil
Pemain Timnas Indonesia Teuku Muhammad Ichsan (bawah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Malaysia Mohamadou Sumareh (tengah) saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019). ANTARA FOTO / Rafiuddin Abdul Rahman

Menelan lima kekalahan beruntun, seperti apa peluang timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2022?

Suara.com - Hasil buruk kembali dibukukan tim nasional Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dijamu Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11/2019), dalam pertandingan kelima Grup G, Indonesia menelan kekalahan dua gol tanpa balas.

Kekalahan dari Malaysia tersebut merupakan yang kelima bagi Indonesia. Sebelumnya, di empat pertandingan, Indonesia juga menelan kekalahan.

Belum meraih poin usai menelan kekalahan beruntun di lima pertandingan, Indonesia masih menjadi juru kunci Grup G. Sementara Malaysia yang mendapat tambahan tiga poin, beranjak ke posisi dua klasemen Grup G dengan sembilan poin dari lima pertandingan.

Kalah di lima pertandingan, Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan. Yaitu menghadapi Thailand, Vietnam, dan juga Uni Emirat Arab (UEA).

Mengingat penghuni posisi dua klasemen sementara Grup G, Malaysia, mengantongi sembilan poin, secara matematis peluang Indonesia untuk melaju ke putaran berikutnya masih ada. Meski sangat tipis, atau nyaris mustahil.

Karena Malaysia juga masih mengantongi tiga laga sisa. Begitu pula dengan Vietnam yang berada di posisi pertama (11 poin) dan Thailand yang berada di posisi ketiga (8 poin).

Sedangkan UEA yang ada di posisi empat dengan enam poin, masih menyisakan empat pertandingan. Jika di laga berikutnya Malaysia meraih hasil imbang saat menghadapi UEA, Indonesia dipastikan mengubur mimpi tampil di Piala Dunia.

Pemain timnas Indonesia berpose sebelum saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019). ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman
Pemain timnas Indonesia berpose sebelum saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (19/11/2019). ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman

Melihat fakta di atas, sepertinya Indonesia harus melupakan mimpi tampil di Piala Dunia dan fokus meraih poin penuh di tiga pertandingan terakhir demi satu tempat di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Meski kenyataannya, melihat posisi dan poin yang dimiliki Thailand dan UEA, peluang timnas Indonesia bisa dikatakan cukup berat.

Namun, apapun bisa terjadi dalam sepak bola dan yang paling penting sembilan poin wajib diraih di tiga laga sisa untuk menjaga asa.

Klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia zona Asia [Sumber: Livescore]
Klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia zona Asia [Sumber: Livescore]

Sebagaimana diketahui, kualifikasi Piala Dunia kali ini juga digunakan sebagai ajang kualifikasi Piala Asia 2023. Tim yang finis di posisi tiga, atau tim berstatus peringkat empat terbaik akan tampil di babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 itu sendiri diikuti 24 tim yang akan dibagi dalam enam grup. Artinya, masing-masing grup akan dihuni empat tim.

Empat tim di setiap grup akan memperebutkan dua posisi teratas untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 yang akan digelar di China.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS