alexametrics

Rekor Pertemuan Indonesia vs UEA, Skuad Garuda Kalah Tipis

Arief Apriadi
Rekor Pertemuan Indonesia vs UEA, Skuad Garuda Kalah Tipis
Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas (tengah) melakukan selebrasi usai membobol gawang Thailand dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Jumat (4/6/2021) pagi WIB. [ANTARA FOTO/Humas PSSI/handout]

Pertemuan pertama Timnas Indonesia dengan UEA terjadi pada 2 September 1981 di Turnamen Merdeka.

Suara.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) dalam laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Jumat (11/6/2021). Merujuk rekor pertemuan, skuad Garuda cuma kalah tipis.

Melansir laman 11v11, Timnas Indonesia dan UEA sudah lima kali berjumpa. Dalam periode tersebut, tim Merah Putih menang dua kali dan sisanya kalah.

Pertemuan pertama Timnas Indonesia dengan UEA terjadi pada 2 September 1981 di ajang Turnamen Merdeka. Saat itu, skuad Garuda menang dengan skor 5-2.

Setahun berselang, Timnas Indonesia kembali berjumpa dengan tim berjukuk Al-Abyad itu di ajang yang sama. Hasilnya, skuad Garuda kalah 1-2.

Baca Juga: Lupakan Hasil Buruk Kontra Vietnam, Timnas Indonesia Siap Hajar UEA

Kemudian Timnas Indonesia berturut-turut bertemu UEA pada 1 Oktober 1986 di Asian Games di Seoul, Korea Selatan. Lalu di Piala Asia 1996 dan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 2019 lalu.

Dalam tiga pertandingan tersebut, Indonesia meraih satu kemenangan di perempat final Asian Games 1986 lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Sisanya, Timnas Indonesia selalu kalah. Di Piala Asia 1996 kalah 0-2 sedangkan pada 2019 lalu tim yang saat itu diasuh Simon McMenemy dihajar 0-5.

Setelah hasil buruk dalam dua pertemuan terakhir, Timnas Indonesia memiliki kesempatan untuk membalas kekalahan sekaligus mengubah head-to-head menjadi 3-3.

Timnas Indonesia saat ini diasuh oleh Shin Tae-yong. Dalam dua pertandingan terakhir di Kualifikasi Piala Dunia 2022, skuad Garuda dibawanya meraih satu hasil imbang dan satu kekalahan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bidik Poin Penuh di Laga Pamungkas Kualifikasi Piala Dunia

Hasil imbang yang sekaligus menandai poin pertama Indonesia di ajang ini didapatkan saat Evan Dimas dan kawan-kawan berjumpa Thailand pada 3 Juni lalu.

Komentar