alexametrics

Muhammad Iqbal Ungkap Perjuangan Kerasnya sebelum Debut di Cheongju FC

Rauhanda Riyantama | Arif Budi
Muhammad Iqbal Ungkap Perjuangan Kerasnya sebelum Debut di Cheongju FC
Muhammad Iqbal saat diperkenalkan sebagai pemain Cheongju FC. (Instagram/muhammadiqbl_27)

Muhammad Iqbal baru saja mentas di kasta ketiga Liga Korea Selatan.

Suara.com - Muhammad Iqbal harus bekerja keras sebelum melakukan debut bersama Cheongju FC di K League 3. Salah satu tantangan yang ia hadapai adalah soal bahasa di Korea.

Sebagai informasi, Cheongju FC mengontrak Muhammad Iqbal di periode pendaftaran pemain musim panas lalu. Pemain jebola Timnas Indonesia U-19 itu masuk Korea sebagai pemain trial pada akhir Februari 2021.

Adaptasi Iqbal di Korea tak langsung berjalan mulus. Bahkan dia sempat membuat staf pelatih khawatir karena adanya kendala bahasa. Sebab, situasi di K League 3 tidak memungkinkan bagi klub mendapatkan translator seperti yang dilakukan Ansan Greeners ke Asnawi Mangkualam.

Hal tersebut diketahui dari laporan media Korea, Chosun pada Jumat (17/9/2021). Alhasil pihak klub melakukan komunikasi dengan Iqbal dengan bahasa Inggris yang tidak begitu lancar.

Baca Juga: Eks Timnas U-19 Muhammad Iqbal Jalani Debut di Cheongju FC

"Karena situasi Liga K3 yang sulit, tidak mungkin klub mendapatkan penerjemah untuk satu pemain Indonesia. Komunikasi dengan Iqbal tidak punya pilihan selain memakai bahasa Inggris singkat," tulis laporan tersebut.

Meski begitu, Muhammad Iqbal punya tekad kuat untuk berkarier di luar negeri. Dia giat berlatih, hingga kakinya sempat mengalami lecet. Selama tiga bulan, Iqbal kemudian punya perkembangan apik.

"Dia bertahan dan berlatih dengan lecet di telapak kaki. Tiga bulan berlalu seperti itu. Berat badan Iqbal mulai naik secara bertahap dan dia meningkatkan serangannya selama latih tanding hingga membuat staf pelatih tertarik," imbuh laporan tersebut.

Sayangnya, kendala bahasa masih dialami oleh Iqbal. Hal itu pun berimbas ke pemahaman taktis Iqbal yang dinilai masih kurang.

Walau demikian, Iqbal sendiri beruntung punya potensi apik dan tekad kuat. Kekurangan Iqbal dalam pemahaman taktis itu bisa ditutup oleh kemampuan driblingnya serta aksi individunya.

Baca Juga: Profil Eldor Shomurodov, Striker Baru AS Roma yang Pernah Kalahkan Evan Dimas Dkk

"Meski pemahaman taktisnya kurang, dia menutupinya dengan kemampuan driblling dan keterampilan individu," tulisnya.

Alhasil, Iqbal pun diberikan kesempatan debut bersama Cheongju FC ketika menghadapi pemuncak klasemen K League 3, Gimpo City. Pemain berusia 20 tahun ini masuk ketika laga memasuki menit ke-83.

Spesialnya, ini merupakan pertandingan kompetitif Iqbal setelah menderita cedera panjang. Menurut media Korea tersebut, Iqbal telah mewujudkan mimpinya karena bisa mentas di panggung Korea.

Komentar