alexametrics

4 Pesepak Bola yang Hanya Main di Satu Klub Sepanjang Kariernya, Dua di Man Utd

Reky Kalumata
4 Pesepak Bola yang Hanya Main di Satu Klub Sepanjang Kariernya, Dua di Man Utd
Paul Scholes saat memperkuat Manchester United saat diganti pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester United dan Swansea City di Old Trafford di Manchester, pada 12 Mei 2013. ANDREW YATES / AFP

Beberapa pemain yang berstatus One Man One Club saat masih aktif bermain

Suara.com - Sejumlah pesepak bola memilih untuk tetap menjaga loyalitasnya bersama satu klub dan bermain di sana sepanjang kariernya.

Tercatat, ada beberapa pemain yang berstatus ‘One Man One Club” saat masih aktif bermain. Artinya, mereka hanya bermain di satu klub yang sama, mulai dari debut pertama hingga memutuskan untuk pensiun.

Padahal, mereka juga tak terlepas dari godaan-godaan dari klub lain. Tawaran kenaikan gaji dan bonus besar menjadi iming-iming yang diberikan.

Namun demikian, itu tak bisa membeli loyalitas seorang pemain terhadap klub yang membesarkan namanya.

Baca Juga: Barcelona Sedang Masa Transisi, Ronald Koeman Minta Suporter Bersabar

Berikut empat pesepak bola yang hanya bermain untuk satu klub sepanjang kariernya

1. Carles Puyol - Barcelona

Bek legendaris timnas Spanyol ini menghabiskan seluruh kariernya sebagai pemain dengan berkostum Barcelona.

Pada tahun 1995, Puyol bergabung dengan Akademi Barcelona, yakni La Masia. Empat tahun berselang, tepatnya pada 1999, ia sukses promosi ke tim utama.

Selama memperkuat Blaugrana, dia sukses memenangkan enam kali juara La Liga, dua kali gelar Copa del Rey, dan tiga kali gelar Liga Champions Eropa.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Laga Man Utd vs West Ham di Piala Liga Inggris

Selain menjadi pemain yang loyal untuk Barcelona, Puyol juga meraih kesuksesan bersama timnas Spanyol.

Setidaknya, ia pernah meraih gelar juara Piala Dunia 2010 dan gelar Euro 2008 bersama timnas Spanyol.

2. Francesco TottiAS Roma

Francesco Totti menjadi pesepak bola yang menghabiskan seluruh karier profesionalnya bersama AS Roma.

Selama kariernya, dia meraih satu gelar Serie A, dua gelar Coppa Italia, dan dua gelar Supercoppa Italiana.

Selain itu, pemain kelahiran Roma ini juga menjadi pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa dalam sejarah liga italia dengan koleksi 250 gol.

Selain itu, Totti juga menjadi pencetak gol terbanyak dan pemain dengan caps terbanyak dalam sejarah AS Roma.

DIa juga memegang rekor gol terbanyak yang dicetak di Serie A saat bermain untuk satu klub.

3. Paul Scholes - Manchester United

Paul Scholes menjadi salah satu pemain yang hanya menghabiskan kariernya bersama satu klub saja, yakni Manchester United.

Scholes mengawali kariernya bersama Setan Merah pada musim 1994/1995. Pemain asal Inggris ini juga menjadi sosok kunci keberhasilan MU meraih treble winners pada musim 1998/1999.

Selama memperkuat Setan Merah, Scholes telah meraih 11 gelar Liga Inggris, tiga Piala FA, dua Piala Liga Inggris, dan dua gelar Liga Champions.

Scholes sempat pensiun pada tahun 2011. Namun, pada awal tahun 2012, Scholes kembali bermain untuk Manchester United dan kembali gantung sepatu pada Mei 2013.

4. Ryan Giggs - Manchester United

Ryan Giggs menjadi salah satu pesepak bola yang paling loyal di dunia. Pemain asal Wales ini hanya menghabiskan kariernya bersama Manchester United.

Giggs mencatatkan penampilan pertamanya untuk tim Setan Merah pada musim 1990/1991. Semusim kemudian, dia langsung tampil reguler di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Sejak saat itu, Giggs menjadi pemain yang cukup penting di balik kesuksesan Manchester United, baik di kompetisi domestik maupun di pentas Eropa.

Selama memperkuat MU, Giggs telah meraih 13 gelar Liga Inggris, empat Piala FA, dua kali Liga Champions, dan sederet gelar lainnya.

Selain itu, Giggs juga mencatatkan rekor penampilan terbanyak bersama Manchester United sepanjang sejarah, yakni dengan 805 kali.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Komentar