alexametrics

Jarred Gillett, Wasit Liga Premier Inggris yang Pernah Pimpin Laga Indonesia Vs Vietnam

Syaiful Rachman
Jarred Gillett, Wasit Liga Premier Inggris yang Pernah Pimpin Laga Indonesia Vs Vietnam
Wasit asal Australia Jarred Gillett memimpin pertandingan India vs Guam pada Desember 2015. [AFP]

Duel Indonesia vs Vietnam yang dipimpin Jarred Gillett terjadi di ajang Piala AFF.

Suara.com - Lima tahun lalu, Jarred Gillett pernah memimpin laga Timnas Indonesia vs Vietnam. Ketika itu, 3 Desember 2016, kedua negara ini bertemu di ajang Piala AFF.

Gillet mendapat sorotan karena dia adalah wasit yang dikenal penuh kontroversi. Paling kentara dalam laga itu ialah banyaknya ia mengeluarkan kartu.

Nyatanya, Gillet memang sudah punya kebiasaan demikian. Sebelum memimpin laga Indonesia vs Vietnam, wasit yang kini berusia 35 tahun itu sudah mengeluarkan 14 kartu merah di Australia League.

Profil Jarred Gillett

Baca Juga: Hanis Saghara & Witan Sulaeman Cetak Gol, Timnas U-23 Sukses Kalahkan Nepal

Gillett adalah salah satu peserta Asian Football Confederation Project Future Referee yang studi banding di Premier League Inggris pada 2010. Ia kemudian melakukan debut profesionalnya dalam Liga A Australia pada 2010.

Di awal debutnya, ia mewasiti 15 laga. Salah satu yang paling diingat adalah semifinal eliminasi A League antara Adelaide United vs Wellington Phoenix.

Gillett terbilang berprestasi. Hanya, dalam suatu waktu, dia pernah melakukan sejumlah aksi yang berbuntut hukuman.

Salah satunya, pada 2016. Gillet sempat mendapat protes keras dari pelatih klub A League, Tony Popovich. Pelatih Western Sydney Wanderers memprotes banyak keputusan Gillett di laga timnya melawan Sydney FC pada Oktober 2016 silam.

Bahkan akibat protesnya Popovich mendapat hukuman dari federasi sepak bola Australia. Pada pertandingan itu, Gillett memberi tiga kartu kuning dan satu kartu merah kepada pemain Western Sydney Wanderers, serta hanya memberi satu kartu kuning kepada pemain Sydney FC.

Baca Juga: Mengamuk di Babak Kedua, Persib Permalukan PSS Sleman di Stadion Manahan

Terlepas dari keputusan yang diambil oleh Gillett, dia ternyata punya prestasi mentereng. Pada 2019, dirinya berhasil menjadi salah satu wasit di Inggris dengan bergabung dengan jajaran wasit di Divisi Championship pada 2019.

Gillett tercatat telah memimpin pertandingan di tiga divisi di bawah Liga Inggris dan juga Piala Liga. Musim ini, ia telah memimpin dua pertandingan di Divisi Championship, termasuk kemenangan 3-0 Peterborough atas Birmingham City.

Gillett akhirnya naik kelas. Dirinya bahkan telah memimpin laga di Premier League dan tercatat sebagai satu-satunya wasit luar Inggris yang memimpin laga.

Adalah laga Watford vs Newcastle United pada 25 September 2021. Di laga yang berkesudahan imbang itu, Gillett mengeluarkan 6 kartu kuning.

Sebelum ke Inggris, Gillett pernah memimpin pertandingan di berbagai negara. Tercatat, Gillett pernah memimpin kompetisi Australia, Selandia Baru, India, Jepang, Arab Saudi, dan China.

[Penulis: Kusuma Alan]

Komentar