alexametrics

Ada Abimanyu hingga Boaz, Ini Daftar Pemain Indonesia yang Bangkit dari Cedera Parah

Rauhanda Riyantama
Ada Abimanyu hingga Boaz, Ini Daftar Pemain Indonesia yang Bangkit dari Cedera Parah
Pemain Johor Darul Ta'zim, Syahrian Abimanyu saat berlatih bersama Timnas Indonesia (dok. PSSI).

Deretan pemain ini berhasil mengembalikan performanya usai cedera parah.

Suara.com - Cedera menjadi momok menakutkan bagi pesepak bola. Tak jarang karena cedera yang pernah dideritanya, para pemain kesulitan untuk kembali bermain di level tertinggi seperti sebelumnya.

Permainan sepak bola yang melibatkan kontak fisik membuat resiko cedera hadir untuk para pemainnya. Di Indonesia pun, banyak pemain yang kariernya terhenti akibat cedera.

Adapun cedera-cedera yang bisa mengakhiri karier para pemain antara lain cedera metatarsal, cedera ligamen, cedera tibia-fibula, dan cedera engkel.

Keempat cedera ini bisa membuat pemain kesulitan untuk menendang, berlari atau bahkan berjalan sehingga kariernya di sepak bola harus terhenti.

Baca Juga: Jelang Belanda vs Norwegia, Van Gaal Cedera Jatuh dari Sepeda

Selain itu, ada beberapa cedera lain yang bersifat traumatis sehingga membuat pemain tak seagresif biasanya atau bermain jauh di bawah performa sebelumnya seperti cedera ACL atau cedera ligamen lutut anterior.

Di indonesia, ada beberapa pemain yang sempat mengalami cedera parah dan berada di ujung kariernya, namun kemudian berhasil pulih dan bangkit. Kira-kira, siapa saja pemain tersebut? Berikut daftarnya.

1. Boaz Solossa

Pemain baru Borneo FC, Boaz Solossa. [HO/Instagram@borneofc.id]
Pemain baru Borneo FC, Boaz Solossa. [HO/Instagram@borneofc.id]

Tak ada yang meragukan kapasitas Boaz Solossa sebagai pemain depan yang komplit, dengan memiliki skill tinggi dan ketajaman. Karenanya ia dianggap bakat emas Indonesia di masa muda.

Namun di tengah menterengnya kariernya,  Boaz kerap menepi karena harus dihantam cedera parah sejak muda. Cedera parah pertama terjadi di Piala AFF 2004 kala ia mengalami patah kaki karena tekel Baihakki Khaizan, pemain Singapura.

Baca Juga: Tak Cuma Marc Marquez, Ini Deretan Pembalap Beken yang Terlunta-lunta Bersama Honda

Setelahnya saat kembali membela tim nasional Indonesia, Boaz mengalami cedera parah lagi pada 2007 yakni cedera patah tulang pergelangan kaki kala melawan Hong Kong yang membuatnya harus absen 10 bulan.

Komentar