alexametrics

Penjelasan PSSI Soal Kiper Sampdoria Keturunan Indonesia Emil Audero

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Penjelasan PSSI Soal Kiper Sampdoria Keturunan Indonesia Emil Audero
Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi tampil di Liga Italia. [Miguel MEDINA / AFP]

Sebelumnya dikabarkan PSSI tengah mendekati Emil Audero untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Suara.com - Belakangan ramai diberitakan bahwa kiper Sampdoria Emil Audero tengah didekati PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia. Namun, khusus Emil, baru sebatas obrolan dan belum diproses.

PSSI memang sedang gencar berkomunikasi dengan para pemain keturunan di luar negeri. Ada empat nama yang tengah dalam proses menuju naturalisasi yaitu Kevin Diks, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Mees Hilgers.

Empat nama tersebut merupakan permintaan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Sebagian dari mereka bahkan sudah terang-terangan ingin membela Timnas Indonesia.

Kiper muda Juventus berdarah Indonesia, Emil Audero Mulyadi [Instagram@Emil_Audero]
Emil Audero Mulyadi [Instagram@Emil_Audero]

Baru-baru ini muncul nama Emil Audero. Kabar tersebut disampaikan salah satu Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, yang memiliki kedekatan dengan salah satu agen di Italia.

Baca Juga: Jordi Amat Siap Bela Timnas Indonesia

Agen tersebut menyebut bahwa Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini sulit memanggil Emil ke tim nasional. Oleh karena itu ada peluang mantan pemain Juventus untuk membela Timnas Indonesia.

Namun, itu baru sebatas usulan. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum meminta kepada PSSI untuk mencoba mendekati Emil Audero.

"Agen saya di Italia mengatakan kepada saya, dia agen besar bukan kacang-kacangan, dia sudah bicara sama Mancini pelatih kepala Italia, menurut Mancini, dia tak akan panggil Emil ini, karena ada saingan," kata Hasani saat dihubungi awak media, Jumat (26/11/2021).

"Kenapa gak tawarkan untuk Indonesia? ini usulan dia lho. Sedang nama dia juga, kan belum direkomendasi oleh Shin Tae-yong," tambah Hasani.

Di media sosial kini tengah ramai komentar ayah dari Emil Audero yaitu Edy Mulyadi yang menyebut anaknya sulit memilih Timnas Indonesia.

Baca Juga: Libas Myanmar, Timnas Indonesia Diminta Jangan Cepat Puas

Bahkan, menurutnya, itu bagaikan mimpi. Edy menerangkan anaknya memiliki cita-cita tampil di Piala Dunia. Bersama Italia, peluang tersebut dianggapnya lebih besar.

"Hari ini kan memang ramai bapaknya menolak. Kawan saya itu di sana karena di Italia punya hubungan baik dengan FIFA dan timnas Italia, dia tawarin si Emil, mau gak? Kalau mau dia mau urus bantu, baru itu saja" pungkasnya.

Komentar