alexametrics

Ketum PSSI Pastikan Timnas Indonesia Tak Akan Gunakan Ban Kapten Pelangi di Piala AFF

Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Ketum PSSI Pastikan Timnas Indonesia Tak Akan Gunakan Ban Kapten Pelangi di Piala AFF
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) berbincang dengan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita (kiri) sebelum Rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Kompetisi Sepak bola Liga 1 dan 2 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu (10/2/2021). . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Motif pelangi identik dengan simbol dukungan bagi komunitas LGBT.

Suara.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memastikan Timnas Indonesia tidak akan memakai ban kapten pelangi di Piala AFF 2020. Iriawan menegaskan setiap negara punya kebijakan dan budaya masing-masing sehingga tidak semuanya bisa ditiru.

Seperti diketahui, laga Thailand kontra Timor Leste yang berlangsung, Minggu (5/12/2021) menghadirkan polemik. Di mana Timnas Thailand mengenakan ban kapten bermotif pelangi yang identik dengan simbol dukungan bagi komunitas LGBT.

Iriawan menegaskan Timnas Indonesia tidak akan melakukan hal serupa. Mantan Kapolda Metro Jaya itu bahkan bakal menghubungi Direktur Teknik Indra Sjafri yang saat ini berada bersama Timnas Indonesia di Singapura, untuk memerintahkan tim memakai ban kapten biasa-biasa saja.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan kepada pewarta di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (23/11/2021). ANTARA/Michael Siahaan
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan kepada pewarta di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (23/11/2021). ANTARA/Michael Siahaan

"Ya itu, kan hak masing-masing tim, klub atau negaranya silahkan saja kalau mau pakai atau tidak," kata Iriawan kepada awak media, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Piala AFF 2020: PSSI Siapkan Bonus untuk Timnas Indonesia, tapi...

"(Timnas Indonesia) Tidak akan pakai. Saya telepon nanti ke Indra Sjafri. Kami putuskan tidak akan pakai dan akan hubungi ke sana. Kalau negara lain silahkan, kan budayanya beda," tambahnya.

Lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu menambahkan Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan hanya akan menggunakan ban kapten yang biasa-biasanya seperti pada umumnya. Bahkan Iriawan ingin pada ban kapten tersebut ada lambang garudanya.

"Kita maunya biasa aja ban kapten malah rencananya mau saya tambah garuda (di ban kapten)," pungkas pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya tersebut.

Adapun Timnas Indonesia berada di Grup B Piala AFF 2020 bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos. Timnas Indonesia akan melawan Kamboja lebih dulu pada 9 Desember mendatang.

Setelah itu melawan Laos pada 12 Desember, Vietnam tiga hari setelahnya dan Malaysia 19 Desember 2021. Skuad Garuda diharapkan meraih juara dalam kejuaraan ini.

Baca Juga: Timnas Indonesia Vs Kamboja, Ramai Rumakiek: Kita Harus Menang

Komentar