Daftar Tim yang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022: Portugal Jadi yang Terbaru

Arief Apriadi
Daftar Tim yang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022: Portugal Jadi yang Terbaru
Penyerang Timnas Portugal #07 Cristiano Ronaldo (Kiri) melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya dari tembakan penalti selama matchday pertama Grup H Piala Dunia 2022 antara Portugal vs Ghana di Stadion 974 di Doha pada 24 November 2022. PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP.

Timnas Portugal menyusul Prancis dan Brasil yang sudah lebih dulu memsatikan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Suara.com - Timnas Portugal menyusul Prancis dan Brasil sebagai tim yang sudah lebih dulu lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Uruguay, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

Duel Portugal vs Uruguay dalam matchday kedua Grup H itu berakhir dengan skor 2-0. Gol-gol Selecao das Quinas dalam pertandingan di Stadion Lusail, Qatar itu diborong oleh Bruno Fernandes (54', dan 90+3' P).

Meski menang meyakinkan, Portugal sejatinya mendapat perlawanan sengit dari La Celeste khususnya di babak kedua. Luis Suarez dan kawan-kawan beberapa kali memiliki peluang untuk mencetak gol.

Pada akhirnya, perubahan taktik dan pergantian pemain yang dilakukan Fernando Santos jadi kunci kemenangan Portugal.

Baca Juga: Biodata dan Profil "Vitinho" Winger Baru PSIS Semarang yang Didatangkan dari Negeri Samba Brasil

Masuknya Matheus Nunes, Goncalo Ramos dan Joao Palhinha menggantikan Joao Felix, Ronaldo dan William Carvalho pada menit 83 pun beruah hasil instan.

Pada menit ke-90, wasit memberikan Portugal hadiah penalti setelah Jose Maria Gimenez dianggap melakukan handball di kotak terlarang. Fernandes selaku algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk membawa timnya menang 2-0.

Kemenangan ini membuat Portugal untuk sementara memuncaki klasemen Grup H dan dipastikan mengunci satu tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Tim asuhan Fernando Santos untuk sementara mengoleksi enam poin hasil dari sapu bersih kemenangan di dua laga pertama.

Jumlah poin itu sudah tidak mungkin dikejar dua negara berperingkat terbawah yakni Korea Selatan dan Uruguay yang sama-sama baru mengoleksi satu poin dari dua laga.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Sinema Prancis di Ajang My French Film Festival 2023

Sementara di posisi kedua terdapat Ghana yang mengoleksi tiga poin usai mengalahkan Korea Selatan pada matchday kedua. Mereka akan menghadapi Uruguay di partai terakhir dalam laga hidup mati.