The Moffatts Dalam Ingatan Generasi Anak 90-an

Ade Indra Kusuma
The Moffatts Dalam Ingatan Generasi Anak 90-an
The Moffatts [Youtube]

Berawal dari kelompok vokal musik country pada masa anak-anak, The Moffatts merilis album perdana Chapter 1: A New Beginning pada 1998.

Suara.com - Setelah 17 tahun berlalu sebelum bubar pada 2001, popularitas The Moffatts masih belum luntur. Kehadiran mereka masih membuat euforia bagi penggemar, terutama generasi 90-an yang rela berdesakan hadir di Konser musik The 90's Festival.

Konser musik The 90's Festival akhirnya digelar hari ini, Sabtu (10/11/2018) di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Para pengunjung pun sudah memadati lokasi acara sejak 13.00 WIB. Ada empat panggung yang tersedia yakni 90's Stage, FWD Stage, MLDSPOT Stage, dan Wardah Stage. Para penonton bebas menyaksikan pertunjukkan yang diinginkan sampai tengah malam nanti.

Setelah jeda maghrib, dua grup Internasional The Moffatts dan Blue disebut bakal menghentak panggung 90's Stage. Sedangkan, Sheila On 7 naik ke atas pentas setelahnya pukul 23.10 WIB.

The Moffats jalani debut karier pada 1987, Gaung kelompok musik asal Kanada itu tidak hanya dirasakan di Amerika. Pada 1998-2000 awal, mereka menjadi musisi paling populer di Asia Tenggara. The Moffatts menduduki peringkat teratas di sejumlah tangga lagu di Thailand, Taiwan, Filipina dan pastinya di Indonesia.

The Moffatts beranggotakan empat Moffatt bersaudara; yaitu Scott (35 tahun, vokal, gitar), Clint (34, bas), Bob (34, drum), dan Dave (34, keyboard). Clint, Bob, dan Dave adalah kembar meski yang identik hanya dua orang pertama.

Berawal dari kelompok vokal musik country pada masa anak-anak, The Moffatts merilis album perdana Chapter 1: A New Beginning pada 1998. Setelah itu, mereka mengeluarkan album kedua sekaligus album terakhir mereka di tahun 2000 berjudul Submodalities.

Kelompok ini sejatinya sudah bubar pada 2001, meski sempat reuni pada 2012. The Moffatts bahkan sudah mengadakan tur perpisahan di Asia bertajuk The Moffatts Farewell Tour.

The Moffats sebelumnya pernah menginjakkan kaki di Jakarta pada 20 November 2000 di Tennis Indoor Senayan, dan pada 19 Februari 2017 ia kembali tampil di Hard Rock Cafe Jakarta. 

the 90's festival [ig @the90sfestival]
the 90's festival [ig @the90sfestival]

Beberapa penonton yang hadir memang diketahui  lebih banyak yang berusia antara 27-35 tahun, karena ketika The Moffatts muncul di akhir dekade 1990-an, mereka masih berusia remaja.

Vessy (30), salah seorang pengunjung yang datang di konser ini mengaku mengaku mengenal The Moffats ketika duduk di bangku SMP, lagu If Life Is So Short, I Miss U Like Crazy, sangat ia suka, menurutnya, lagu itu bermakna sangat dalam.

"Selain itu, waktu saya usia remaja dulu lagu itu memang sangat jarang," kata perempuan yang mengenal The Moffatts dari MTV ini.

Sebagai fans, Vessy mengaku sedih mendengar The Moffats bubar.

"Sayang ya, padahal sekarang justru usia matang untuk membuat lagu," ujarnya saat ditemui Suara.com di Gambir Expo Kemayoran, (11/10/2018).

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS