Garin Nugroho Angkat Tema Maskulin-Feminin di Film Kucumbu Tubuh Indahku

Ferry Noviandi
Garin Nugroho Angkat Tema Maskulin-Feminin di Film Kucumbu Tubuh Indahku
Poster film Kucumbu Tubuh Indahku. [Instagram Garin Nugroho]

Film Kucumbu Tubuh Indahku mendapat penghargaan dari Unesco.

Suara.com - Sutradara Garin Nugroho kembali mengangkat budaya Indonesia di film terbarunya bertajuk Kucumbu Tubuh Indahku. Film yang dibintangi Randy Pangalila, Teuku Rifnu Wikana, Whani Darmawan, Windarti, dan lainnya ini akan dirilis pada 18 April 2019.

Kucumbu Tubuh Indahku terinspirasi dari kisah Rianto, seorang penari dan koreografer ternama yang menguasai berbagai jenis tarian yang telah membawa tubuh maskulin dan femininnya keliling dunia.

"Seperti kalian lihat film Bohemian Rhapsody saja kan sebetulnya. Dunia maskulin feminin yang justru menarik menjadi bagian dari berbagai ruang publik kita," kata Garin Nugroho usai screening film Kucumbu Tubuh Indahku di XXI Plaza Indonesia, kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Garin Nugroho pun mengakui filmnya yang dibuat kali ini jarang dibuat oleh para sineas dunia. Bahkan karena jarangnya tema film tersebut diangkat, Unesco memberi penghargaan kepada film yang telah mengikuti sebanyak 31 festival internasional ini.

"Tubuh yang kita lihat di kelas menengah ke bawah itu langka sekali, UNESCO memilih ini menjadi cultural diversity itu karena merepresentasikan atau film yang mampu menjalin masalah-masalah ini dengan berbagai perspektif budaya. Karena rata-rata diangkat dari perspektif menengah ke atas," tutur sutradara 57 tahun tersebut.

Garin Nugroho pun mengakui lebih memilih film yang memiliki tema dengan sudut yang langka yang secara budaya sangat dekat dengan kultur Asia.

Garin Nugroho [Ismail/Suara.com]
Garin Nugroho [Ismail/Suara.com]

"Saya selalu bikin film yang, satu saya tidak pernah bikin. Dua tema langka dengan sudut pandang langka, tema-tema yang selalu disebut berbeda dengan sudut pandang berbeda. Karena film ini sangat dekat dengan kebudayaan-kebudayaan di negara Asia," sambung sutradara film Daun di Atas Bantal ini.

Film Kucumbu Tubuh Indahku dimainkan oleh seorang aktor teater: Muhammad Khan yang berperan sebagai Juno Remaja. Selain itu Garin juga mengajak Raditya Evandra sebagai Juno Kecil. Sedangkan artis ternama yang dikenal publik Indonesia, Garin mengajak Sujiwo Tejo (Guru Lengger), Teuku Rifnu Wikana (Bupati), dan Randy Pangalila sebagai seorang petinju.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS