alexametrics

Sikap Bijak Ustaz Zacky Mirzani Usai Uki eks NOAH Sebut Musik Maksiat

Sumarni | Yuliani
Sikap Bijak Ustaz Zacky Mirzani Usai Uki eks NOAH Sebut Musik Maksiat
Tangkapan layar video Ustaz Zacky Mirza. [Ist]

Pernyataan Uki eks NOAH menuai pro kontra.

Suara.com - Mantan gitaris band NOAH, Mohammad Kautsar Hikmat atau Uki belum lama ini menyebut musik merupakan pintu maksiat. Soal pandangan yang pro kontra tersebut, ustaz Zacky Mirza menyikapi bijak.

"Dalam menyikapi hal ini saya kira, kita bijak ajalah, kalau memang ada sebagian Sahabat kita yang menganggap musik itu haram, ya biarkan dia dengan itu," ujar Zacky Mirza di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (1/8/2021).

Menurutnya, selama pemahaman orang tersebut tidak merugikan orang lain hal itu bisa dimaklumi. Selama hal itu masih tidak bersifat mengadili, hal itu boleh didengar.

"Itu pemahaman selama tidak merugikan orang lain. Selama dia tidak menjustifikasi, misal oh pokoknya orang yang dengerin musik apapun bentuknya neraka ya. Selama enggak sampai ke situ kita hargai," tuturnya.

Baca Juga: Uki eks NOAH Sebut Musik Haram, Ustaz Zacky Mirza Bilang Begini

Uki eks Noah [Suara.com/Revi]
Uki eks Noah [Suara.com/Revi]

Ustaz Zacky Mirza pun mengingatkan soal Islam uang menghargai perbedaan. Oleh karena itu, ia menganggap semua ilmu sebagai pembelajaran saja.

"Dalam agama itu kita liat persamaan aja dah, nggak usah sering liat-liat beda. Perbedaan kata Rasullullah, perbedaan yang ada di umatku dalam beberapa hal itu menjadi rahmat, untuk saling belajar," paparnya.

Sementara menurut pribadinya, ia menilai musik mengajarkan ritme berbeda. Segala nada yang berbeda tapi punya satu landasan yang sama.

"Buat saya pribadi musik itu anugerah, musik itu mengajarkan kita bisa tetep seiring sejalan meskipun ritme yang berbeda, ada gitar piano drum, ada bass dan lain-lain," ujarnya.

"Bayangkan alat musiknya beda-beda, tapi ketika kita punya suatu nada yang sama terus. Itu akan menjadi satu lantunan indah," imbuhnya lagi.

Baca Juga: Uki Eks Noah Sebut Musik Pintu Maksiat, Begini Kata Ustaz Derry Sulaiman dan Gus Miftah

Diketahui, Uki eks NOAH kini hijrah dan menjauhi musik. Belum lama ini ia membuat pernyataan musik adalah pintu maksiat.

Komentar