alexametrics

Kritik Tren Ikoy-ikoyan, Nana Mirdad: Memperburuk Mental Bangsa

Sumarni
Kritik Tren Ikoy-ikoyan, Nana Mirdad: Memperburuk Mental Bangsa
Nana Mirdad [Instagram/nanamirdad_]

Tren tersebut diviralkan oleh Arief Muhammad.

Suara.com - Arti Nana Mirdad angkat bicara mengenai tren ikoy-ikoyan yang viral di dunia maya. Perihal itu, dia mengaku cukup khawatir.

"Teman-temanku semua, DM yang masuk setiap hari ratusan minta ini itu dan jujur aja ini bikin aku khawatir. Maaf kalau aku mengecewakan nggak ikut main ikoy-ikoyan. Tapi setiap orang punya cara berbeda untuk memberi," kata Nana Mirdad di Instagram Story pada Senin (2/8/2021).

Dia mengingatkan untuk tidak mengharapkan bantuan dari orang lain.

"Aku lebih memilih untuk terus mendorong kalian untuk selalu berusaha dan berusaha tanpa banyak mengharapkan bantuan gratis dari orang yang kita nggak kenal," sambungnya.

Baca Juga: Arief Muhammad Ungkap Permintaan Teraneh hingga Kriteria Menang saat Ikoy-Ikoyan

Unggahan Nana Mirdad [Instagram/@nanamirdad_]
Unggahan Nana Mirdad [Instagram/@nanamirdad_]

Istri Andrew White ini juga merasa tren tersebut tidak tepat sasaran. Bagi-bagi uang dan hadiah secara random di Instagram sebaiknya diperuntukkan bagi orang yang benar-benar membutuhkan.

"Dan di saat seperti ini aku percaya bahwa banyak banget yang sedang butuh bantuan sandang pangan. Apa nggak sebaiknya kita sama-sama fokus ke sana dulu?" tutur Nana Mirdad.

"Juga aku tidak nyaman dengan kegiatan menghamburkan uang atau HP atau kosmetik atau barang-barang apakah itu yang non essential secara gratis demi ikut-ikutan trend saat ini. Apalagi kalau sesudah itu ditunjukan di sosial media. Waduh," imbuhnya lagi.

Anak Lydia Kandou ini juga menilai bahwa tren ini memperburuk mental bangsa. Dia menyebutnya sebagai mental gemar meminta ketimbang memberi.

"It might be fun for a lot of people but menurutku ini bisa memperburuk mental bangsa kita ke depannya," jelas Nana Mirdad.

Baca Juga: Viral Ikoy-Ikoyan, YouTuber Arief Muhammad Jelaskan Arti dan Pengertiannya

"Ayo masyarakat Indonesia jangan punya mental minta ini minta itu ke orang, dilatih untuk kerja keras dan punya semangat yang gigih untuk bisa dapetin yang kita mau. Kalian pasti bisa," lanjutnya.

Komentar