alexametrics

9 Gaya Hidup Artis Peduli Lingkungan, Pevita Pearce Setop Pakai AC

Fitri Asta Pramesti
9 Gaya Hidup Artis Peduli Lingkungan, Pevita Pearce Setop Pakai AC
Pevita Pearce [Evi Ariska/Suara.com]

Seperti apa gaya hidup artis peduli lingkungan?

Suara.com - Tak sedikit selebriti tanah air memberikan perhatian lebih terhadap isu lingkungan. Beberapa di antaranya pun telah melakukan aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari demi masa depan bumi. Seperti apa gaya hidup artis yang peduli lingkungan? 

Para artis peduli lingkungan ini punya caranya masing-masing untuk membantu menyelamatkan bumi. Mulai dari membiasakan diri tak memakai kantong plastik hingga memelopori organisasi perlindungan biota laut. 

Untuk lebih jelasnya, simak deretan gaya hidup artis yang peduli lingkungan berikut ini. 

1. Nadine Chandrawinata

Baca Juga: Nama Asli 6 Seleb Keturunan Inggris, Cassandra Lee Indah Banget!

Nadine Chandrawinata. (Instagram/@nadinelist)
Nadine Chandrawinata. (Instagram/@nadinelist)

Puteri Indonesia 2005 ini adalah satu di banyak orang Indonesia yang peduli pada isu lingkungan. Bahkan istri dari Dimas Anggara ini pernah didapuk menjadi Duta Gajah Sumatera tahun 2009, Duta HAM Bidang Lingkungan tahun 2015, juga Duta Wisata Bahari tahun 2017.

Keaktifan Nadine pada isu-isu lingkungan terus berlanjut bahkan setelah ia menikah. Ia masih aktif mengkampanyekan isu lingkungan.

Salah satu gaya hidup ramah lingkungan paling sederhana yang telah Nadine terapkan dalam kesehariannya adalah selalu membawa botol minumnya sendiri. 

2. Agni Pratistha

Gaya hidup artis peduli lingkungan. (Instagram/agnipratistha)
Gaya hidup artis peduli lingkungan. (Instagram/agnipratistha)

Satu lagi aku yang menerapkan gaya hidup ramah lingkungan berasal dari kontes ratu kecantikan, yaitu Agni Pratistha. Ibu tiga orang anak ini aktif membagikan berbagai informasi tentang gaya hidup ramah lingkungan. Informasi tersebut juga merupakan kebiasaan yang selalu ia lakukan.

Baca Juga: Wajah Pevita Pearce dan Arsyah Rasyid Disorot saat Renang Bareng: Mirip Banget!

Agni membagikan kesehariannya yang yang ramah lingkungan itu di media sosial. Beberapa gaya hidup ramah lingkungan yang ia terapkan antara lain, mengganti penggunaan tisu dan kapas dengan kain serta membawa tas sendiri saat berbelanja.

Langkah ini untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan mengurangi penggunaan tisu. Gaya hidup ramah lingkungan ini sudah ia lakoni sejak 5 tahun yang lalu.

3. Tasya Kamila

Ternyata Begini Tradisi Sambut Lebaran Ala Tasya Kamila dan Nagita Slavina. (Dok: Zalora)
Tasya Kamila. (Dok: Zalora)

Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila yang baru saja memenangkan 'pertarungan' dengan kanker yang diidap suaminya Randi Bachtiar juga menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Ibu satu anak ini telah memulai mencoba mengurangi pemakaian peralatan yang menggunakan plastik sekali pakai. Tasya Kamila yang kini menetap di New York untuk menemani suaminya yang melanjutkan studi S2 ini mengaku sudah mengganti berbagai peralatan sekali pakai. 

4. Rara Sekar

Gaya hidup artis peduli lingkungan. (Instagram/rarasekar)
Gaya hidup artis peduli lingkungan. (Instagram/rarasekar)

Penyanyi dan aktivis Rara Sekar juga merupakan artis yang menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Ia kerap membagikan kesehariannya dengan suaminya Ben Laksana yang sering berkebun bersama.

Hasil kebunnya kemudian ia olah menjadi masakan sehat untuk keluarga. Sama seperti Tasya Kamila, Rara Sekar juga sudah mengganti barang sekali pakai dengan barang yang bersifat sustainable.

Rara Sekar juga pernah membicarakan tentang masalah sampah dan perubahan iklim di Podcast Benang Merah.

5. Ira Wibowo

Aktris Ira Wibowo berpose saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (20/11). [Suara.com/Alfian Winanto]
Aktris Ira Wibowo berpose saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (20/11). [Suara.com/Alfian Winanto]

Artis senior Ira Wibowo memang tidak selantang beberapa artis sebelumnya dalam menyuarakan tenang peduli lingkungan. 

Tetapi ia telah menjalani kehidupan yang ramah lingkungan. Gaya hidup ramah lingkungan yang sudah Ira Wibowo terapkan adalah mengurangi penggunaan plastik dalam kesehariannya.

6. Hamish Daud

Hamish Daud : Raisa 'Keras' Terapkan Gaya Hidup Berkelanjutan. (Suara.com/Risna Halidi)
Hamish Daud. (Suara.com/Risna Halidi)

Suami solois Raisa ini memang dikenal sebagai sosok yang peduli pada lingkungan termasuk perlindungan hewan. Hamish Daud pun telah dikenal lama di dunia konservasi perlindungan lingkungan hidup.

Bahkan Hamish Daud menjadi salah satu pelopor berdirinya organisasi Indonesian Ocean pride. Organisasi ini fokus pada perlindungan biota laut.

7. Nugie

Nugie jadi salah satu pemain film Tersanjung [Suara.com/Yuliani]
Nugie jadi salah satu pemain film Tersanjung [Suara.com/Yuliani]

Nugie menjadi aktivis lingkungan sejak tahun 1988, hal ini karena kecintaannya pada kelestarian lingkungan. Kepedulian Nugie pada lingkungan sudah dipupuk sejak kecil. Sang ayah sudah mengajarkannya untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Bekal yang didapat dari sang ayah ini pun terus ia lakukan dan terapkan hingga saat ini. Ia juga sudah mengurangi penggunaan plastik. Nugie juga dipercaya menjadi Duta WWF untuk penyelamatan Hiu dan Ekosistem Laut.

8. Nadya Hutagalung

Nadya Hutagalung. [Sumarni/Suara.com]
Nadya Hutagalung. [Sumarni/Suara.com]

Nadya Hutagalung adalah UN Enviroment Goodwill Ambassador. Nadya merupakan duta lingkungan hidup untuk melindungi sejumlah hewan langka yang masih mempunyai habitat asli di Indonesia. Ia pun turun langsung untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Sumatera Utara terkait spesies orangutan baru di hutan mereka.

Bahkan Nadya juga pernah dipercaya menjadi duta global Earth Hour dan WWF Elephant Warrior karena kepeduliannya pada lingkungan. Sampai saat ini ia pun masih aktif berkeliling ke berbagai negara untuk mengunjungi pusat konservasi di sana.

9. Pevita Pearce

Portet artis dan kucing peliharaannya - Pevita Pearce. (Instagram/_jojopearce)
Pevita Pearce. (Instagram/_jojopearce)

Pevita Pearce pernah menjadi duta global Earth Hour. Artis kelahiran tahun 1992 ini juga menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

Salah satu gaya hidup ramah lingkungan yang sudah ia terapkan sehari-hari adalah dengan tidak lagi menggunakan AC di kamar tidurnya. 

Itulah beberapa gaya hidup artis peduli lingkungan yang bisa dijadikan inspirasi. Dari beberapa aksi ramah lingkungan  di atas, mana yang ingin kamu tiru?

Kontributor : Safitri Yulikhah

Komentar