alexametrics

Semarakkan PON Papua, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Nonton Film Zerre

Ferry Noviandi
Semarakkan PON Papua, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Nonton Film Zerre
Ganjar Pranowo ajak masyarakat nonton film Zerre.

Selain ceritanya yang menarik, film Zerre juga menampikan keindahan alam Papua.

Suara.com - Untuk menyemarakkan ajang PON XX 2021 Papua, PB PON XX 2021 dan PT Kalachakra Multi Sinema menggarap sebuah film layar lebar berjudul Zerre Pendekar Ufuk Timur. Film garapan sutradara R Jiwo Kusumo diputar serentak di bioskop sejak 7 Oktober 2021.

Zerre Pendekar Ufuk Timur bercerita mengenai Zerre (diperankan Yudas ltlay) seorang anak Papua yang gigih memperjuangkan cita-cita untuk mengharumkan Papua dalam kompetisi pencak silat PON. Namun di perjalanan banyak rintangan yang tidak terduga sehingga dia dihadapkan dalam pilihan yang sulit.

Selain Yudas Itlay, Zerre juga dibintangi oleh Aisyah Aqilah, Emil Kusumo, Ditha Samantha, Yama Carlos, dan Verdi Solaiman.

Salah satu adegan film Zerre
Salah satu adegan film Zerre

Tidak saja cerita yang menarik, film Zerre Pendekar Ufuk Timur banyak menampilkan keelokan dan keindahan alam Bumi Cendrawasih. Lokasi pengambilan gambar terdiri dari lima kota besar di Papua antara lain Jayapura, Timika, Wamena, Merauke, dan Biak.

Baca Juga: Ganjar dan Sandiaga Uno ke Sangiran, Bicara Pengembangan Seperti Jurassic Park

Yudas Itlay sebagai pemeran Zerre mengaku bangga bermain dalam film ini. Sebagai putra asli Papua, film ini telah mewakili keinginannya yang ingin menampilkan Papua dengan segala keindahannya.

"Saya merasa Zerre itu saya. Saya juga memiliki keinginan yang besar untuk membuat bangga tanah kelahiran saya, membuat bangga orangtua dan masyarakat, ingin bermanfaat untuk orang lain dan menjadi inspirasi buat banyak orang," ujar Yudas Itlay.

Salah satu adegan film Zerre
Salah satu adegan film Zerre

Sementara menurut sutradara R Jiwo Kusumo, Zerre mempunyai visi misi membawa lokal wisdom, local genius Papua untuk ke nasional dan mengubah stigma Tanah Papua.

"Selama ini mereka yang tidak mengenal Papua mendapat cerita yang berbeda. Film ini sebagai etalase Papua saat ini. Papua yang produktif dan optimis," imbuh Jiwo.

Salah satu adegan film Zerre
Salah satu adegan film Zerre

Film ini juga mendapat dukungan penuh dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Menurut Ganjar Zerre sangat luar biasa bisa mengenalkan lebih dalam tentang Papua.

Baca Juga: PON Papua: Nurul Akmal Persembahkan Medali Emas untuk Rakyat Aceh

"Film Zerre Pendekar Ufuk Timur ini melengkapi keelokan serta kemegahan PON Papua. Karena dari film ini kita bisa melihat dan merasakan Papua lebih dalam lagi. Kamu harus nonton film ini, tapi jangan sendirian, ajak teman dan keluargamu," tutur Ganjar Pranowo setelah nonton film Zerre di bioskop.

Komentar