alexametrics

Profil Paundrakarna: Aktor Sinetron Calon Penerus Tahta Pura Mangkunegaran Solo

Farah Nabilla
Profil Paundrakarna: Aktor Sinetron Calon Penerus Tahta Pura Mangkunegaran Solo
Profil Paundrakarna. [Instagram/aryawedakarna]

Jadi kandidat kuat penerus tahta Pura Mangkunegaran, simak profil Paundrakarna yang merupakan aktor sinetron berikut ini.

Suara.com - Aktor sinetron dan bintang iklan Paundrakarna tengah menjadi sorotan terutama untuk masyarakat Solo lantaran digadang-gadang akan jadi penerus tahta di Pura Mangkunegaran Solo. Seperti apa sosoknya? Simak profil Paundrakarna berikut ini.

Sepeninggal Raja Mangkunageran Solo Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunegaran IX yang meninggal dunia pada Jumat (13/8/2021) lalu, kursi kerajaan pun mengalami kekosongan.

Ada dua kandidat kuat yang digadang-gadang jadi penerus tahta yaitu G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan G.P.H. Paundrakarna Jiwo Suryonegara.

Cucu Presiden Soekarno Paundrakarna Sukmaputra. [Solopos.com]
Cucu Presiden Soekarno Paundrakarna Sukmaputra. [Solopos.com]

Sosok Paundrakarna cukup menarik perhatian lantaran identitasnya sebagai cucu Soekarno dan aktor nasional. Seperti apa sosoknya?

Baca Juga: 5 Aktor Jadi Sad Boy di Sinetron, Bikin Penonton Bersimpati

Profil Paundrakarna

Paundra bukanlah keturunan raja semata, karena dirinya merupakan putra sulung Sukmawati Soekarnoputri yang merupakan adik dari Megawati Soekarnoputri. Bisa dikatakan Paundrakarna juga termasuk cucu Soekarno, Presiden pertama RI.

Sukmawati dan Sujiwakusuma atau Mangkunegara IX diketahui dikaruniai dua orang anak. Sulungnya adalah seorang putra bernama Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, yang lahir 19 April 1975. Sedangkan yang kedua seorang anak perempuan yang diberi nama Putri Agung Suniwati Sukmaputra, yang lahir 4 Agustus 1977.

Paundrakarna di pemakaman Raja Mangkunageran Solo. [Instagram/dinarhapprameswari77]
Paundrakarna di pemakaman Raja Mangkunageran Solo. [Instagram/dinarhapprameswari77]

Paundra menjadi seorang seniman melalui rumah produksi tari Adicipta Paundrakarna Production yang dimilikinya. Sementara pada jenjang pendidikan, Paundra menyelesaikan pendidikan di SMAN 1 Surakarta pada tahun 1994.

Setelah lulus, Paundra melanjutkan kuliah desain grafis di Universitas Trisakti pada 1994. Hanya satu tahun, Paundra memutuskan untuk keluar pada tahun 1995.

Baca Juga: Belum Ada Pengganti Raja Mangkunegaran, Sistem Pemerintahan Diambil Alih Praja

Untuk mendukung kariernya di dunia hiburan, kemudian Paundra masuk di Akademi Komunikasi Indonesia di Yogyakarta. Paundra mengambil jurusan broadcasting dan dinyatakan lulus pada tahun 2000.

Komentar