alexametrics

Polemik Penerus Raja Mangkunegaran, Paundrakarna: Saya Cucu Presiden Soekarno!

Sumarni
Polemik Penerus Raja Mangkunegaran, Paundrakarna: Saya Cucu Presiden Soekarno!
Tangkapan layar dari youtube akun pantja sila cucu Bung Karno Paundra Karna [Youtube.com]

Paundrakarna sendiri merupakan anak pertama dari KGPAA Mangkunegara IX dan Sukmawati Soekarnoputri.

Suara.com - Gusti Pangeran Haryo (G.P.H) Paundrakarna Jiwo Suryonegoro alias Paundrakarna tengah menjadi sorotan publik. Pemicunya terjadi setelah dia bicara soal penerus raja Mangkunegaran yakni KGPAA Mangkunegara IX yang meninggal dunia pada 13 Agustus 2021.

Lelaki yang pernah membintangi sinetron Perempuan Pilihan ini meminta agar semua pihak menghargai dirinya. Dia juga menyinggung statusnya sebagai cucu Soekarno.

“Hargailah dan orangkanlah saya, hargailah para pendahulu, hargailah eyang saya Presiden Soekarno, hargailah ayahanda saya, hargailah ibu saya, hargailah adik semata wayang saya," ujar Paundrakarna dalam unggahannya di media sosial sebagaimana dilansir dari Solopos.com pada Minggu (17/10/2021).

"Hargailah Keluarga Besar Mangkunegaran terlebih haruslah menghargai Abdi-abdi/kawulo alit di Puro Mangkunegaran agar rasa respek, sikap baik saya dan ketulusan dari saya/dari kami pada panjenengan-panjenengan tidak hilang dan tidak berubah menjadi kebencian,” sambungnya lagi.

Baca Juga: Kesal Raja Mangkunegaran Belum Dipilih, Paundra: Saya Putra Dalem dan Cucu Soekarno

Cucu Presiden Soekarno Paundrakarna Sukmaputra. [Solopos.com]
Cucu Presiden Soekarno Paundrakarna Sukmaputra. [Solopos.com]

Sebagai salah satu kandidat yang digadang-gadang menjadi raja Mangkunegaran, Paundrakarna mengingatkan bahwa posisi tersebut bukanlah ajang kompetisi.

“Untuk menjadi raja itu bukanlah sebuah kompetisi, bukanlah pemilih legislatif, bukanlah ajang pencitraan, bukanlah dengan kepentingan pribadi yang dilandasi ego dan ambisi pribadi apalagi golongan," terangnya.

"Tetapi tidak lain dan tak jua adalah mutlak atas kuasa, atas kasih, atas kehendak, atas rahmat dan bimbingan dari Gusti Allah SWT Tuhan seru sekalian alam beserta para pendahulu,” imbuhnya.

Paundrakarna berharap agar nama baik keluarga Mangkunegaran tidak dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab.

"IIngatlah masih ada kekuatan lain yang lebih besar dari kekuatan kita manusia dengan upaya-upaya dari pribadi-pribadi, dari oknum-oknum yang tidak baik dengan menghalalkan segala cara yang makin mencoreng nama baik nama besar Mangkunegaran terlebih nama harum para pendahulu," jelasnya.

Baca Juga: Curhatan Paundra Soal Penerus Raja Mangkunegaran: Jangan Menyepelekan Diri Saya!

Sebelum mengakhiri postingannya, Paundrakarna kembali menegaskan soal kedudukannnya saat ini.

"Dan ingatlah selalu saya trah rembesing madu, saya cucu Presiden Soekarno, saya putra dalem, putra sah ayahanda saya, saya cucu dari Kanjeng Gusti Mangkunegoro VIII dan Gusti Puteri Mengkunegoro VIII,” ungkap Panundrakarna.

“Ingatlah akan karma, hukum tabur-tuai, melati dan kuwalat itu jelas-jelas ada dan pasti terjadi bagi siapapun yang tidak baik pada saya dan Puro Mangkunegaran, salam,” lanjutnya lagi.

Seperti diketahui, selain Paundrakarna dan adik tirinya, G.P.H Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo disebut ada kandidat lain yang akan menjadi raja Mangkunegaran. Dia adalah Direktur Utama PT Hotel Dana Permai, K.R.M.H Roy Rahajas.

Hingga kini belum diketahui pasti siapa yang menggantikan posisi dari KGPAA Mangkunegara IX.

Paundrakarna sendiri merupakan anak pertama dari KGPAA Mangkunegara IX dan Sukmawati Soekarnoputri.

Komentar