Konsumsi Buah dan Sayur Perpanjang Harapan Hidup

Ririn Indriani

Jum'at, 04 April 2014 | 08:08 WIB
Konsumsi Buah dan Sayur Perpanjang Harapan Hidup
Ilustrasi (shutterstock)

Suara.com - Makan tujuh atau lebih porsi buah dan sayuran sehari mengurangi risiko kematian pada setiap titik waktu sebesar 42 persen dibandingkan dengan makan kurang dari satu porsi.

Demikian hasil penelitian terkini yang dilakukan para peneliti Inggris, baru-baru ini.

Sebelumnya bahkan diketahui bahwa konsumsi buah-buahan membuat hidup lebih bahagia.

Dalam penelitian tersebut peneliti menggunakan studi bertajuk Health Survey for England untuk mempelajari kebiasaan makan dari 65.226 orang mewakili populasi Inggris antara 2001 dan 2013.

Seperti di;ansir dari Science Daily, hasil penelitian menemukan bahwa semakin banyak buah dan sayuran yang mereka makan, maka semakin kecil kemungkinan mereka meninggal pada usia berapa pun.

Makan tujuh atau lebih porsi buah dan sayur mengurangi risiko kematian spesifik akibat kanker (25 persen) dan penyakit jantung (31 persen). Penelitian juga menunjukkan bahwa sayuran memiliki manfaat kesehatan jauh lebih tinggi dari buah.

Ini merupakan studi pertama yang menghubungkan konsumsi buah dan sayuran dengan semua penyebab kematian akibat kanker dan penyakit jantung pada populasi nasional yang representatif.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology & Community Health ini juga menemukan bahwa sayuran segar memiliki efek perlindungan terkuat dengan masing-masing porsi harian mengurangi keseluruhan risiko kematian sebesar 16 persen.

Salad memberikan kontribusi terhadap pengurangan risiko 13 persen per porsi, dan setiap porsi buah segar dikaitkan dengan penurunan 4 persen lebih kecil tapi masih signifikan.

"Kita semua tahu bahwa makan buah dan sayuran sehat, tetapi ukuran efeknya mengejutkan," kata Dr Oyinlola Oyebode dari UCL Departemen Epidemiologi & Kesehatan Masyarakat, penulis utama studi tersebut.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Konsumsi Buah dan Sayur Cegah Perempuan dari Serangan Jantung

Konsumsi Buah dan Sayur Cegah Perempuan dari Serangan Jantung

Health | Selasa, 01 April 2014 | 07:00 WIB

Semangka, Viagra Alami Untuk Lelaki

Semangka, Viagra Alami Untuk Lelaki

Lifestyle | Kamis, 27 Maret 2014 | 16:36 WIB

5 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

5 Manfaat Lemon Bagi Kesehatan

Health | Rabu, 26 Maret 2014 | 13:55 WIB

Buah Ini Mampu Meningkatkan Libido Lelaki

Buah Ini Mampu Meningkatkan Libido Lelaki

Lifestyle | Selasa, 25 Maret 2014 | 16:50 WIB

Terkini

HyperOS 4 Resmi Meluncur! Desain Kaca Mewah dan AI-nya Bisa Tebak Pikiran Pengguna?

HyperOS 4 Resmi Meluncur! Desain Kaca Mewah dan AI-nya Bisa Tebak Pikiran Pengguna?

Tekno | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:39 WIB

Menag Pimpin Doa di Sidang Tahunan MPR 2026: Lindungi Kami dari Fitnah dan Pengkhianatan

Menag Pimpin Doa di Sidang Tahunan MPR 2026: Lindungi Kami dari Fitnah dan Pengkhianatan

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:38 WIB

Jembatan Garuda Merah Putih di Way Bungur Jadi Harapan Baru Masyarakat

Jembatan Garuda Merah Putih di Way Bungur Jadi Harapan Baru Masyarakat

Lampung | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:38 WIB

Belanja Pengadaan Pemerintah Tembus Rp1.193 Triliun, Jadi Motor Ekonomi Hijau

Belanja Pengadaan Pemerintah Tembus Rp1.193 Triliun, Jadi Motor Ekonomi Hijau

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:35 WIB

Jelang Pidato Prabowo, Harga Emas Antam Merosot Jadi Rp2.664.000/Gram

Jelang Pidato Prabowo, Harga Emas Antam Merosot Jadi Rp2.664.000/Gram

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:35 WIB

Viral Fasilitas Sampah KKN UMMI Sukabumi Hancur Dibongkar 2 Hari Usai Diresmikan

Viral Fasilitas Sampah KKN UMMI Sukabumi Hancur Dibongkar 2 Hari Usai Diresmikan

Entertainment | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:29 WIB

Bahan Bakar Alternatif SIG Naik 24%, Pangkas Konsumsi Batu Bara 467 Ribu Ton

Bahan Bakar Alternatif SIG Naik 24%, Pangkas Konsumsi Batu Bara 467 Ribu Ton

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:29 WIB

Prabowo Mau Pidato, 103 Anggota Dewan Absen di Sidang Tahunan MPR

Prabowo Mau Pidato, 103 Anggota Dewan Absen di Sidang Tahunan MPR

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:25 WIB

Pelita Air Pangkas Harga Tiket 45 Persen, Bidik Lonjakan Penumpang di HUT RI

Pelita Air Pangkas Harga Tiket 45 Persen, Bidik Lonjakan Penumpang di HUT RI

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:25 WIB

Tragedi Tambang Emas Pohuwato, PETI Disebut Tak Sekadar Pelanggaran Izin

Tragedi Tambang Emas Pohuwato, PETI Disebut Tak Sekadar Pelanggaran Izin

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 09:23 WIB

×