Gaya Hidup Sehat Cegah 4 dari 10 Kasus Kanker

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Jum'at, 02 Januari 2015 | 14:06 WIB
Gaya Hidup Sehat Cegah 4 dari 10 Kasus Kanker
Ilustrasi keluarga bergaya hidup sehat. (Shutterstock)

Suara.com - Gaya hidup sehat memang memberi sejuta manfaat untuk menangkal penyakit.

Sebuah penelitian baru-baru ini bahkan menemukan 600.000 kasus kanker di Inggris bisa dcegah selama lima tahun terakhir jika orang menggalakkan gaya hidup sehat.

Bahkan para peneliti berani menjamin, 4 dari 10 kasus kanker bisa dicegah seiring dengan gaya hidup sehat yang dijalani oleh seseorang.

Rokok masih jadi penyebab utama penyakit kanker di Inggris. Terhitung lebih dari 314.000 kasus kanker dalam lima tahun terakhir disinyalir, karena kebiasaan merokok yang berlangsung lama.

Hal senada juga ditimpali Cancer Research UK yang mengatakan bahwa 145.000 kasus kanker bisa dicegah jika seseorang menjalani pola diet seimbang, yakni diet rendah kalori, menghindari konsumsi daging merah berlebihan, mengurangi garam, dan meningkatkan asupan sayur, buah, dan serat.

Menghindari kebiasaan minum alkohol juga harus dilakukan orang yang tak ingin menyimpan potensi kanker dalam tubuhnya. Bahkan di Inggris peneliti menganalisis orang-orang yang gemar berjemur di bawah sinar matahari sembari melakukan aktivitas fisik ternyata memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker.

"Menjalani gaya hidup sehat memang tidak bisa menjamin seseorang tidak akan terkena kanker, tetapi terbukti dapat membantu mengurangi risiko kanker di masa mendatang," kata Profesor Max Parkin, seorang ahli statistik Cancer Research UK di Queen Mary University of London.

Sependapat dengan Parkin, Linda Bauld, pakar dari Cancer Research UK mengatakan bahwa 200 jenis kanker berpotensi muncul karena gen dan gaya hidup. Dengan melakukan hidup sehat, tentu risiko yang ada bisa dikurangi atau bahkan ditiadakan.

"Ada cara untuk meminimalkan risiko kanker, seperti berhenti merokok, melakukan aktivitas fisik, menghindari alkohol dan mencegah obesitas. Kita harus memastikan masyarakat dan pembuat kebijakan mengetahui bukti di balik manfaat gaya hidup sehat ini," tambah Bauld. (Zeenews)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Gaya Hidup Sehat Cegah Lelaki dari Serangan Jantung

Gaya Hidup Sehat Cegah Lelaki dari Serangan Jantung

Health | Rabu, 24 September 2014 | 09:14 WIB

Hindari Gaya Hidup yang Bisa Merusak Pendengaran

Hindari Gaya Hidup yang Bisa Merusak Pendengaran

Health | Senin, 02 Juni 2014 | 13:45 WIB

Terkini

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:56 WIB

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:53 WIB

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor

Bogor | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:37 WIB

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi

Jabar | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:13 WIB

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 23:03 WIB

Resah, Puluhan Pimpinan Media Lokal dari 4 Provinsi Kumpul di Pekanbaru Bahas Ekosistem Media

Resah, Puluhan Pimpinan Media Lokal dari 4 Provinsi Kumpul di Pekanbaru Bahas Ekosistem Media

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:55 WIB

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:35 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:27 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:21 WIB

×