Studi: Dua Gelas Alkohol Sehari Tingkatkan Risiko Stroke

Ririn Indriani, Firsta Nodia

Minggu, 01 Februari 2015 | 15:46 WIB
Studi: Dua Gelas Alkohol Sehari Tingkatkan Risiko Stroke
Ilustrasi. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dua gelas sehari berisiko pada peningkatan stroke. Kebiasaan ini ternyata menjadi faktor utama selain faktor lain seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Bahaya minuman beralkohol jika dikonsumsi terlalu sering memang dapat meningkatkan risiko tekanan darah dan menyebabkan gagal jantung atau detak jantung tidak teratur. Ini merupakan risiko lain selain berakibat stroke.

"Untuk Anda yang masuk usia dewasa, sebaiknya menghindari minuman beralkohol setidaknya lebih dari dua gelas sehari sebagai cara terbaik mencegah stroke pada usia lanjut," kata Pavla Kadlecova dari Anne's University Hospital's International Clinical Research Center di Republik Ceko.

Peneliti menemukan bahwa peminum berat yang mengonsumsi lebih dari dua gelas sehari berisiko 34 persen lebih tinggi terkena stroke dibandingkan dengan peminum ringan.

Orang yang teridentifikasi sebagai peminum berat saat memasuki usia 50-an sampai 60-an akan mengalami stroke 5 tahun lebih cepat dari yang diprediksi sesuai faktor genetik sebelumnya.

Seperti diketahui, penyebab stroke antara lain adalah tekanan darah dan diabetes, namun hal ini baru akan mulai berdampak biasanya saat seseorang berusia 75 tahun.

"Kami sekarang memiliki gambaran yang lebih jelas tentang faktor-faktor terjadinya stroke, dapat disebabkan faktor usia yang terus bertambah sehingga tekanan darah tidak stabil, atau pengaruh minuman beralkohol yang tentunya lebih mempercepat risiko stroke terjadi," tambah Kadlecova. (Zeenews)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA: 30 Soal Matematika SMP 2026, Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan
Ikuti Kuisnya ➔
15 Soal Simulasi TWK Paskibraka 2026
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi: 25 Soal UTBK SNBT 2026 dan Kunci Jawabannya
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kepribadian Kamu Mirip Kue Lebaran Apa, Sih?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Love Language 2026: Kenali Bahasa Cintamu agar Hubungan Makin Klik dan Minim Drama!
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: THR Kamu Cocok Buat Beli HP Apa? Cek Rekomendasinya
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Minum Segelas Wines Sehari Kurangi Risiko Gagal Jantung

Minum Segelas Wines Sehari Kurangi Risiko Gagal Jantung

Health | Rabu, 21 Januari 2015 | 16:10 WIB

Terkini

Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya

Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya

Health | Sabtu, 13 Juni 2026 | 10:29 WIB

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 12:50 WIB

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 09:06 WIB

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Health | Kamis, 11 Juni 2026 | 21:51 WIB

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Health | Rabu, 10 Juni 2026 | 17:20 WIB

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 16:57 WIB

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 14:09 WIB

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 11:10 WIB

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 08:05 WIB

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 16:48 WIB