Alexa

BAB Bayi Berwarna Hijau, Normalkah?

Ririn Indriani
BAB Bayi Berwarna Hijau, Normalkah?
Ilustrasi ibu dan anak. (Shutterstock)

Bayi ASI eksklusif biasanya BAB-nya berwarna kuning, tapi kalau berwarna hijau?

Suara.com - Tanya:    

Selamat siang Dokter,
Anak saya  berusia 2,5 bulan. Minumnya hanya sufor. Sudah satu bulan ini buang air besarnya berwarna hijau dan mulai rewel, apakah normal? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

AR
 
Jawab:

Selamat siang Ibu AR,
BAB pada bayi yang mendapat ASI eksklusif biasanya berwarna kuning. BAB hijau pada bayi yang mengonsumsi ASI dapat menjadi pertanda bahwa bayi menyerap terlalu banyak laktosa.

Hal ini terjadi karena kesalahan teknik menyusui. Anda dianjurkan memberikan ASI dari payudara satu hingga susunya habis baru kemudian berganti ke payudara lainnya.

BAB hijau pada bayi yang mengonsumsi susu formula bisa dikarenakan bayi Anda tidak cocok dengan susu formulanya. Selain itu karena terlalu banyak minum susu formula dan sedikit diberi asi, maka asupan lemak dari ASI berkurang, jadi bisa juga menyebabkan warna hijau.

Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi ini, karena BAB hijau pada bayi dapat merupakan hal yang normal selama tidak ada gejala lain yang menyertai seperti muntah, berat badan turun, nafsu makan turun, bayi lebih rewel dari biasanya, BAB darah, BAB hitam atau BAB sangat pucat atau putih. Namun bila terjadi gejala tersebut Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga membantu. Terima kasih.

Dijawab oleh: dr. Ni Putu Tesi Maratni
Sumber: https://meetdoctor.com/

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS