Alexa

Peningkatan Penularan HIV di Filipina Tertinggi di Asia Pasifik

Ririn Indriani
Peningkatan Penularan HIV di Filipina Tertinggi di Asia Pasifik
Ilustrasi HIV. (Shutterstock)

Pada akhir 2016, tercatat 10.500 orang Filipina terpapar HIV.

Suara.com - Kementerian kesehatan dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa Filipina mengalami peningkatan tercepat wabah HIV/AIDS di Asia-Pasifik dalam enam tahun belakangan, dengan lonjakan 140 persen dalam jumlah penularan.

Pada akhir 2016, tercatat 10.500 orang Filipina terpapar virus perusak kekebalan tubuh (HIV) dari 4.300 orang pada 2010, kata Menteri Kesehatan Paulyn Ubial pada jumpa pers, Selasa (1/8/2017), mengutip data UNAIDS.

Ubial mendorong uji sukarela HIV dan penggunaan kondom untuk membantu mengatasi masalah itu, yang pada Mei 2017 saja mencatat 1.098 penderita baru HIV di Filipina, jumlah tertinggi penyakit itu sejak 1984 saat penularan dilaporkan pertama kali.

Negara itu masih dapat mengakhiri ancaman kesehatan masyarakat itu pada 2030 jika pemerintah mampu mengarahkan kembali pusat perhatiannya pada masyarakat dan tempat paling berbahaya, kata Eamonn Murphy, direktur regu pendukung kawasan Asia- Pasifik UNAIDS.

Ia menyatakan 83 persen penderita baru HIV terdapat di kelompok laki-laki yang berhubungan badan dengan sesama laki-laki dan waria yang berhubungan kelamin dengannya laki-laki.

Genesis Samonte, kepala bagian pengamatan kesehatan masyarakat kementerian kesehatan, menyatakan kelompok laki-laki yang berhubungan badan dengan sesama laki-laki paling terancam.

"Kami tidak membicarakan yang pesemburit (gay) secara terbuka," kata Samonte pada jumpa pers, "Setiap laki-laki yang berhubungan badan dengan laki-laki lain untuk alasan apapun, terancam." Dua dari tiga penularan baru HIV termasuk di antara laki-laki berusia 15 hingga 24 tahun, yang dikatakannya tidak memiliki cukup kesadaran akan HIV, gejala dan pengobatannya.

Sebagian besar laki-laki melakukan hubungan badan pertama pada usia 16 tahun dan baru diuji HIV delapan tahun kemudian, katanya. (Antara)



loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hayoo ngaku siapa yang suka ngeliatin pria beruban 😆 #DidYouKnow
.
.
.
#fakta #faktapria #faktawanita #uban #rambut #catrambut #coloring #georgeclooney #markrufallo #tahukahkamu #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS