Vitamin B Kompleks Berlebih Bikin Lelaki Berisiko Kanker Paru

Ririn Indriani

Minggu, 22 Oktober 2017 | 08:11 WIB
Vitamin B Kompleks Berlebih Bikin Lelaki Berisiko Kanker Paru
Ilustrasi. (Shutterstock)

Suara.com - Vitamin B kompleks merupakan jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B kompleks berperan mengatur selera makan, metabolisme tubuh, menghasilkan energi, hingga menjaga kesehatan organ dan jaringan dalam tubuh – dari jantung, otot, hingga sistem saraf.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan serangkaian dampak negatif bagi tubuh. Meski begitu, jangan berlebihan juga mengonsumsinya.

Sebuah studi melaporkan bahwa asupan vitamin B komplek berlebih meningkatkan risiko kanker paru, khususnya pada laki-laki perokok. Kanker paru adalah kanker yang paling sering terdiagnosis dan juga merupakan kanker yang paling banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia.

Penelitian tentang vitamin B complex dan kanker paru
Para peneliti dari Institut Kanker di Columbus, Ohio, Amerika Serikat menemukan kaitan antara konsumsi suplemen multivitamin B6 dan B12 dosis tinggi dengan peningkatan risiko kanker paru.

Temuan ini dilaporkan setelah mengumpulkan data dari 77.118 partisipan berusia 50-76 tahun. Setiap partisipan diminta informasi mengenai rutinitas konsumsi suplemen vitamin B complex mereka, termasuk frekuensi (seberapa sering), durasi (jangka waktu), dan dosisnya dalam 10 tahun terakhir.

Faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi risiko kanker paru, seperti kebiasan merokok dan minum alkohol, ras, usia, pendidikan, ukuran tubuh, riwayat kanker sebelumnya, riwayat keluarga yang menderita kanker, dan penggunaan obat antiperadangan yang mungkin memiliki efek antikanker juga ikut diperhitungkan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian tersebut seperti dikutip hellosehat.com menunjukkan bahwa konsumsi vitamin B6 dan B12 dalam dosis tinggi selama periode 10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker paru pada laki-laki perokok.

Laki-laki perokok yang mengonsumsi 20 miligram vitamin B6 per hari selama 10 tahun memiliki risiko tiga kali lebih besar untuk terkena kanker paru dan laki-laki perokok yang mengonsumsi 55 mikrogram vitamin B12 per hari selama 10 tahun memiliki risiko empat kali lebih besar untuk terkena kanker paru.

Meskipun hasil penelitian ini penting, tapi perlu diingat bahwa risiko tersebut ditimbulkan akibat penggunaan suplemen vitamin B dalam dosis tinggi, di mana dosisnya lebih besar berkali-kali lipat daripada dosis harian yang disarankan. Sementara itu tidak ditemukan adanya peningkatan risiko kanker paru pada perempuan yang mengonsumsi vitamin B9.

Mengapa vitamin B meningkatkan risiko kanker paru?
Alasan mengapa vitamin B dapat mempengaruhi risiko kanker belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa peneliti percaya bahwa hal tersebut terkait dengan mekanisme interaksi vitamin B dengan jalur metabolisme yang penting untuk menjaga kestabilan DNA agar tidak termutasi dan mengatur ekspresi gen di tubuh.

Konsumsi vitamin B dalam dosis tinggi dapat mengganggu jalur tersebut sehingga menyebabkan terbentuknya sel kanker atau yang disebut dengan proses karsinogenesis.

Bagi beberapa orang yang memiliki anemia atau penyakit Celiac, konsumsi suplemen vitamin B kompleks dapat membantu mengatasi rasa lelah akibat gejalanya. Tetapi, konsumsi suplemen vitamin B dengan dosis tinggi belum tentu bermanfaat bagi orang yang sehat walafiat.

Di sisi lain, kekurangan vitamin B juga dipercaya dapat meningkatkan risiko kanker karena dapat menyebabkan gangguan saat pembuatan rantai DNA yang baru. Kuncinya hanya satu: menjaga keseimbangan asupan gizi tubuh dengan pola makan yang sehat. Jika Anda sudah memenuhi satu syarat ini, sebenarnya Anda tak perlu-perlu amat mengonsumsi suplemen makanan.

Sumber vitamin B complex alami pada umumnya dapat ditemukan pada produk hewani, seperti daging sapi, daging ayam, telur, susu, buah-buahan, dan sayuran. Asam lambung dalam sistem pencernaan akan mampu mencerna vitamin B dari makanan sehingga tubuh dapat menyerapnya.

Perlu juga diingat bahwa merokoklah yang merupakan faktor utama dan jauh lebih penting dalam peningkatan risiko kanker paru pada laki-laki maupun perempuan. Peran vitamin B di sini mungkin hanya mempercepat atau meningkatkan kemungkinan perkembangan sel kanker paru di kalangan perokok. Untuk itu, konsumsi vitamin B secukupnya sesuai dengan rekomendasi harian.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Pentingnya Istirahat untuk Cegah Kerusakan Saraf Tepi

Pentingnya Istirahat untuk Cegah Kerusakan Saraf Tepi

Health | Kamis, 28 April 2016 | 19:27 WIB

Kurang Darah? Santap Makanan Ini

Kurang Darah? Santap Makanan Ini

Health | Selasa, 12 April 2016 | 08:18 WIB

Studi: Vitamin B Bisa Turunkan Risiko Stroke

Studi: Vitamin B Bisa Turunkan Risiko Stroke

Health | Selasa, 24 Maret 2015 | 12:51 WIB

Terkini

Gempa Dahsyat NTT, BMKG: Baru Terjadi Lagi Setelah 30 Tahun Silam

Gempa Dahsyat NTT, BMKG: Baru Terjadi Lagi Setelah 30 Tahun Silam

Video | Minggu, 16 Agustus 2026 | 20:10 WIB

Top-Up E-Wallet dan Pulsa di BRImo Langsung Dapat Cashback! Buruan, Kuota Terbatas

Top-Up E-Wallet dan Pulsa di BRImo Langsung Dapat Cashback! Buruan, Kuota Terbatas

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 20:09 WIB

Deretan Sepeda Lipat Pacific Paling Populer, Cocok untuk Gowes Harian

Deretan Sepeda Lipat Pacific Paling Populer, Cocok untuk Gowes Harian

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 20:05 WIB

Binance Perpanjang Airdrop RLUSD, Ini Cara Klaim 1 Juta XRP yang Dibagikan

Binance Perpanjang Airdrop RLUSD, Ini Cara Klaim 1 Juta XRP yang Dibagikan

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 19:58 WIB

Daftar Atlet Wakil Indonesia di BWF World Championship 2026

Daftar Atlet Wakil Indonesia di BWF World Championship 2026

Sport | Minggu, 16 Agustus 2026 | 19:51 WIB

Kapal Tenggelam di Perairan Rupat, 3 Pekerja Migran Masih Hilang

Kapal Tenggelam di Perairan Rupat, 3 Pekerja Migran Masih Hilang

Riau | Minggu, 16 Agustus 2026 | 19:50 WIB

BNI Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Gempa NTT, Pastikan Layanan Perbankan Tetap Berjalan

BNI Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Gempa NTT, Pastikan Layanan Perbankan Tetap Berjalan

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 19:46 WIB

15 Contoh Teks Doa HUT Ke-81 RI pada 17 Agustus 2026 yang Penuh Makna

15 Contoh Teks Doa HUT Ke-81 RI pada 17 Agustus 2026 yang Penuh Makna

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 19:36 WIB

Hari Jadi Ke-81 Jateng: Akses Pendidikan Kian Luas dan Gratis, Harapan Tak Lagi Terkikis

Hari Jadi Ke-81 Jateng: Akses Pendidikan Kian Luas dan Gratis, Harapan Tak Lagi Terkikis

Jawa Tengah | Minggu, 16 Agustus 2026 | 19:34 WIB

Dianggap Mitos hingga Diakui Pahlawan Nasional: Siapakah Ratu Kalinyamat?

Dianggap Mitos hingga Diakui Pahlawan Nasional: Siapakah Ratu Kalinyamat?

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 19:25 WIB

×