Alexa

Sering Berjemur di Pantai, Awas Kanker Ganas Ini Menghantui

Chaerunnisa | Firsta Nodia
Sering Berjemur di Pantai, Awas Kanker Ganas Ini Menghantui
Ilustrasi berjemur di pantai. (Foto: shutterstock)

Sinar UV C sebenarnya yang paling potensial memicu kanker.

Suara.com - Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki garis pantai yang panjang, mulai dari Sabang sampai Merauke. Itu sebabnya, destinasi wisata yang populer di Indonesia adalah pantai.

Namun, bagi Anda yang doyan berjemur di pantai, pastikan telah menggunakan tabir surya sebelumnya. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit yang mematikan.

Menurut Dr. dr. Aida Sofiati, SpKK(K) dari RS Kanker Dharmais, ada beberapa macam sinar ultraviolet (UV), antara lain sinar UV A, B, dan C. Banyak orang menganggap, paparan sinar UV B paling banyak menyebabkan kanker. Namun, kata dr Aida, sinar UV A juga dapat membantu tumbuhnya kanker kulit.

"Sinar UV C sebenarnya yang paling potensial memicu kanker. Tapi tidak pernah disebut-sebut, karena sinar ini terlindungi karena adanya lapisan ozon. Kalau lapisan ini bocor, kanker kulit akan meningkat," ujar Aida dalam temu media di Jakarta, Senin (30/10/2017).

Lebih lanjut, dia memaparkan, Indonesia merupakan negara tropis dimana musim kemarau lebih panjang dibandingkan musim penghujan. Orang-orang yang bekerja di lingkungan yang terpapar sinar matahari secara langsung seperti petani, dianggap berisiko terkena kanker kulit. Begitu pula dengan mereka yang terpapar matahari dalam dosis tinggi seperti ketika berjemur di pantai saat musim liburan.

"Misalnya, mereka yang pada Sabtu dan Minggu suka ke pantai, berenang, berjemur, berpotensi terkena sinar UV intensitas tinggi," ungkapnya.

Dikatakan Aida, paparan matahari dalam dosis tinggi meski tak setiap hari ini lebih berisiko memicu kanker kulit jenis melanoma yang merupakan kanker kulit terganas. Alasannya, sel kanker melanoma cenderung lebih cepat menyebar ke organ lain dibandingkan jenis kanker kulit lainnya.

"Melanoma ini yang paling ditakuti, kalau masih awal mungkin masih dapat diobati. Masalahnya banyak yang tidak waspada ini melanoma, akhirnya datang pada stadium lanjut saat melanoma potensial mematikan," tandasnya.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS