Minum Kopi Baik untuk Jantung Lho

Chaerunnisa

Jum'at, 17 November 2017 | 08:00 WIB
Minum Kopi Baik untuk Jantung Lho
Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)

Suara.com - Para pencinta kopi, ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa secangkir kopi yang Anda minum memberikan beberapa manfaat kesehatan yang bahkan tidak Anda ketahui. 

Selain menangkal demensia, membantu Anda hidup lebih lama, dan membuat Anda bersemangat saat berolahraga di pagi hari, minum kopi mungkin juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Begitu menurut penelitian pendahuluan yang baru-baru ini disampaikan American Heart Association.

Periset dari Universitas Colorado mengatakan, mereka menemukan informasi itu dari data dari Framingham Heart Study, yang melihat pola makan dan kesehatan kardiovaskular sekitar 15.000 orang Amerika sejak tahun 1940an.

Mereka awalnya menggali melalui data dengan harapan menemukan kebiasaan makan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Namun, tampaknya menemukan sesuatu yang lebih menarik.

Menurut temuan tersebut, minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner. Subjek yang minum secangkir kopi 8 ons setiap hari menemukan bahwa risiko untuk kondisi ini masing-masing dikurangi 7 persen, 8 persen dan 5 persen.

Temuan ini dikonfirmasi oleh para peneliti di kemudian hari saat mereka menganalisis pola yang sama dalam penelitian yang serupa dengan Framingham Heart Study , studi Jantung Kardiovaskular dan Risiko Atherosclerosis dalam Studi Komunitas.

Tentu saja perlu dicatat, per rilis dari AHA, informasi tersebut hanya menunjukkan ada kaitan antara konsumsi kopi dan kesehatan jantung secara keseluruhan, bukan hubungan "sebab-akibat".

Perlu dicatat juga bahwa temuan ini belum ditinjau secara per-review, walaupun masih ada penelitian lain di luar sana yang menunjukkan tingkat kafein dalam kopi dikombinasikan dengan antioksidan dan sifat anti-inflamasi dapat menangkal sejumlah masalah kesehatan.

Jadi, sudahkah Anda minum kopi hari ini? (Delish)

baca juga

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Pencinta Kopi Hitam Psikopat?

Pencinta Kopi Hitam Psikopat?

Lifestyle | Kamis, 16 November 2017 | 23:00 WIB

Kopi Campur Susu Lebih Aman bagi Lambung

Kopi Campur Susu Lebih Aman bagi Lambung

Health | Kamis, 16 November 2017 | 20:46 WIB

Akibat Tren "Ngopi", Masalah Kesehatan Ini Banyak Dikeluhkan

Akibat Tren "Ngopi", Masalah Kesehatan Ini Banyak Dikeluhkan

Health | Jum'at, 10 November 2017 | 07:50 WIB

Alasan Menjamurnya Gerai Kopi di Indonesia

Alasan Menjamurnya Gerai Kopi di Indonesia

Lifestyle | Kamis, 09 November 2017 | 16:29 WIB

Awas, Minum Kopi Setiap Hari Bisa Bikin Gemuk!

Awas, Minum Kopi Setiap Hari Bisa Bikin Gemuk!

Health | Sabtu, 26 Agustus 2017 | 19:40 WIB

Tebak! Berapa Jumlah Kafein yang Anda Seruput Setiap Pagi

Tebak! Berapa Jumlah Kafein yang Anda Seruput Setiap Pagi

Health | Rabu, 24 Mei 2017 | 09:22 WIB

Studi: Ngopi Minimal 3 Kali Sehari Kurangi Risiko Kanker Prostat

Studi: Ngopi Minimal 3 Kali Sehari Kurangi Risiko Kanker Prostat

Health | Jum'at, 28 April 2017 | 14:11 WIB

Inilah Cara Ngopi yang Sehat!

Inilah Cara Ngopi yang Sehat!

Video | Sabtu, 11 Maret 2017 | 11:57 WIB

Hati-hati, Menyeruput Kopi Panas Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Hati-hati, Menyeruput Kopi Panas Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Health | Kamis, 16 Juni 2016 | 13:00 WIB

Benarkah Kopi Efektif Usir Kantuk saat Berkendara?

Benarkah Kopi Efektif Usir Kantuk saat Berkendara?

Lifestyle | Minggu, 12 Juli 2015 | 12:31 WIB

Terkini

Soroti Manuver Politik di Kasus Eks Jampidsus, Sejumlah Akademisi Minta Prabowo Turun Tangan

Soroti Manuver Politik di Kasus Eks Jampidsus, Sejumlah Akademisi Minta Prabowo Turun Tangan

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:20 WIB

Dua Pidato di DPR Tunjukkan Arah Ekonomi Prabowo Semakin Jelas

Dua Pidato di DPR Tunjukkan Arah Ekonomi Prabowo Semakin Jelas

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:15 WIB

Gempa NTT, Selly Gantina Minta Pemerintah Segera Tembus Daerah Berdampak

Gempa NTT, Selly Gantina Minta Pemerintah Segera Tembus Daerah Berdampak

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:15 WIB

PTBA Kembali Hadirkan BIDIKSIBA, Buka Jalan Generasi Muda Menuju Pendidikan Tinggi

PTBA Kembali Hadirkan BIDIKSIBA, Buka Jalan Generasi Muda Menuju Pendidikan Tinggi

Sumsel | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:14 WIB

Spot 17-an Kekinian di Blok M: Dari Secret Gig sampai Tantangan Senyum!

Spot 17-an Kekinian di Blok M: Dari Secret Gig sampai Tantangan Senyum!

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:07 WIB

Beras Fortifikasi Jadi Pelarian Produsen Akibat Melonjaknya Harga Gabah

Beras Fortifikasi Jadi Pelarian Produsen Akibat Melonjaknya Harga Gabah

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 23:00 WIB

Hendardi Singgung Manuver Hukum Eks Jampidsus, Dinilai Kelabui Publik Soal Substansi Perkara

Hendardi Singgung Manuver Hukum Eks Jampidsus, Dinilai Kelabui Publik Soal Substansi Perkara

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 22:59 WIB

Skuad Terbaik Persija Pilihan Shin Tae-yong Diketahui Saat Uji Coba Kontra Chiangrai United

Skuad Terbaik Persija Pilihan Shin Tae-yong Diketahui Saat Uji Coba Kontra Chiangrai United

Bola | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 22:37 WIB

Terungkap, Rahasia Pilot Malaysia Bawa Narkoba Rp160 M Lolos Pemeriksaan KLIA

Terungkap, Rahasia Pilot Malaysia Bawa Narkoba Rp160 M Lolos Pemeriksaan KLIA

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 22:15 WIB

KAI Palembang Buka Akses Magang, PKL, dan Penelitian secara Digital melalui InternHub

KAI Palembang Buka Akses Magang, PKL, dan Penelitian secara Digital melalui InternHub

Sumsel | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 22:07 WIB

×