Wajib Tahu! Ini Manfaat Sunat pada Perempuan

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Wajib Tahu! Ini Manfaat Sunat pada Perempuan
Tak hanya lelaki, sunat juga dilakukan pada perempuan. (Shutterstock)

Sunat pada perempuan bukan merusak atau menyebabkan perubahan pada vagina.

Suara.com - Sunat identik dengan tindakan medis yang dilakukan pada kaum Adam, tapi di masyarakat muslim, sunat juga dilakukan pada perempuan. Lantas seberapa perlukah perempuan di sunat?

Menjawab hal tersebut dr. Valleria SpOG mengatakan bahwa layaknya tindakan sunat pada lelaki, sunat perempuan juga bermaksud mencegah penumpukan smegma atau kotoran berwarna putih di klitoris. Selain itu, tindakan sunat pada perempuan ini juga bisa menstabilkan syahwat dan memuaskan pasangan.

"Sunat pada perempuan itu hanya melakukan goresan pada kulit yang menutupi bagian depan klitoris dengan menggunakan ujung jarum steril. Jadi, bukan merusak atau menyebabkan perubahan pada vagina," ujarnya pada temu media yang dihelat Rumah Sunat dr. Mahdian di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Meski demikian, lanjut dia, tindakan sunat pada perempuan tidak dilakukan untuk indikasi medis tertentu. Menurut Valleria, sebagian besar tindakan sunat pada perempuan lebih didasarkan pada penegakkan syariat, terutama pada kalangan muslim.

"Kalau perempuan di sunat bisa mencegah kotoran dan najis, karena kulup klitorisnya dibuka. Jadi kalau beribadah lebih nyaman terbebas dari najis," ujar dia.

Tak seperti sunat pada laki-laki, Valleria mengatakan bahwa sunat pada perempuan tak membutuhkan pembiusan. Durasi yang dibutuhkan untuk melakukan tindakan medis ini hanya lima menit.

Ia pun mengimbau agar orangtua yang ingin menyunatkan anak perempuannya disegerakan sebelum anak memahami perasaan malu.

"Kalu bisa saat bayi lebih mudah dilakukan. Tapi kalau mau di usia anak-anak, saya menyarankan ketika anak belum malu, karena anak kan harus dibuka auratnya kalau malu nanti takutnya timbul trauma," tandas Valleria.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS