Salah Prediksi Jenis Kelamin, Dokter Menyunat Bayi Ini

Vania Rossa | Risna Halidi
Salah Prediksi Jenis Kelamin, Dokter Menyunat Bayi Ini
Ilustrasi bayi baru lahir. (Shutterstock)

Sungguh alasan yang sangat tidak manusia untuk melakukan sunat pada bayi.

Suara.com - Seorang dokter di India menutupi kesalahan prediksi jenis kelamin bayi pasiennya dengan tindakan yang sangat tidak manusiawi, yaitu dengan cara menyunat bayi tersebut.

Dokter bernama Anuj Kumar tersebut awalnya memprediksi bayi dalam kandungan Guriya Devi berjenis kelamin perempuan. Namun saat dilahirkan, bayi tersebut memiliki jenis kelamin laki-laki.

Untuk menutupi kesalahannya, ia memotong alat kelamin si bayi dan membentuk vagina buatan sesaat setelah bayi dilahirkan.

Anuj Kumar diketahui membuka klinik kesehatan di distrik Chatra, negara bagian Jharkhand, India, yang dibuka atas nama pribadi.

Terkait dengan kasus heboh ini, tim kepolisian langsung melakukan penyelidikan lebih lanjut atas laporan dari orangtua bayi, Guriya Devi dan Anil Panda.

Kebohongan Kumar tidak berhenti hanya di situ. Untuk menutupi kesalahannya, dia berani berkata pada orangtua bayi bahwa bayi mengalami cacat bawaan yang menyebabkan kematian.

Dr. D. N. Thakur, seorang petugas medis di pusat kesehatan masyarakat Itkhori mengatakan, pemeriksaan sebelumnya terhadap klinik Dr. Kumar telah menimbulkan kekhawatiran.

"Sang pemilik, Dr. Anuj Kumar, tidak bisa menunjukan dokumen yang valid. Kami telah memintanya untuk menyerahkan lisensi kedokterannya untuk membuka praktik dan menjalankan kliniknya sekarang, namun hasilnya nihil," tegas Thakur.

Investigasi polisi berlanjut. Dr. Kumar kini sedang menghadapi tuntutan pidana. Tidak hanya itu, dirinya pun bakal siap kehilangan izin medis dan risiko penutupan klinik kesehatannya jika terbukti bersalah.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS