Ini Pentingnya Pantau Tumbuh Kembang Anak di 1000 Hari Pertama

Dythia Novianty | Dinda Rachmawati
Ini Pentingnya Pantau Tumbuh Kembang Anak di 1000 Hari Pertama
Peluncuran Teman Bumil Tumbuh - Kembang di Jakarta, Rabu (15/8/2018). [Suara.com/Dinda Rachmawati]

Masa 1000 hari pertama anak adalah masa kehidupan yang sangat penting untuk terus dipantau para orangtua.

Suara.com - Masa 1000 hari pertama anak, yang dimulai dari saat terjadinya pembuahan di dalam rahim sampai anak berusia 2 tahun adalah masa kehidupan yang sangat penting untuk terus dipantau para orangtua.

Ini dikarenakan, masa tumbuh kembang yang sering disebut sebagai Golden Age ini, kata dr. Margaretha Komalasari, Sp.A dari Brawijaya Women & Children Hospital, akan sangat mempengaruhi pertumbuhan anak selanjutnya hingga mereka dewasa.

"Lantas, apa saja yang harus diperhatikan orangtua? Di tahun pertama minimal sebulan sekali melihat perkembangan untuk memantau ukuran fisik, mulai dari berat, lingkar kepala, tinggi badan, anaknya gemuk tapi kok pendek, siapa tahu ini tanda stunting," ujar dia dalam Peluncuran Teman Bumil Tumbuh - Kembang di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Selanjutnya, dr. Margaretha menambahkan, perhatikan pula kemampuan struktur dan fungsi tubuhnya. Contohnya apakah kemampuan bayi sudah bertambah. Dari berguling menjadi duduk, berdiri, merambat hingga berjalan.

Bukan cuma itu, ibu juga harus memperhatikan segala nutrisi dan gizi yang dibutuhkan anak, agar ia tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Seperti saat makan, kebutuhan micro dan macro nutrient yang lengkap serta jadwal imunisasi wajibnya, untuk mencegah anak dari penyakit.

"Memantau tumbuh kembang haruslah dilakukan secara rutin dan menjadi kebiasaan orangtua. Semakin dini, tumbuh kembang anak didiagnosis, kemungkinan bisa memperbaiki semakin besar pula," ujar dia.

Karenanya, dr. Margaretha menyarankan agar orangtua dapat melakukan hal tersebut sebulan sekali dengan cara melakukan kunjungan ke dokter anak. Orangtua secara rutin mencatat tumbuh kembang si Kecil tiap minggu melalui Kartu Menuju Sehat yang biasa dimiliki orangtua atau KMS digital yang kini sudah tersedia di banyak aplikasi online, salah satunya adalah Teman Bumil Tumbuh - Kembang yang baru saja diluncurkan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS