Waduh, Orang Bertubuh Tinggi Lebih Rentan Kena Penyakit Kaki Ini

M. Reza Sulaiman
Waduh, Orang Bertubuh Tinggi Lebih Rentan Kena Penyakit Kaki Ini
Penyakit kaki ini lebih sering terjadi pada orang bertubuh tinggi. (Shutterstock)

Tahukah Anda jika tubuh tinggi juga lebih rentan mengalami penyakit kaki?

Suara.com - Bertubuh tinggi mungkin jadi impian sebagian orang. Namun tahukah Anda jika tubuh tinggi juga lebih rentan mengalami penyakit kaki?

Varises adalah kondisi di mana pembuluh darah mengalami pembengkakan, sehingga terlihat menonjol di bawah kulit.

Tak sekadar memperlihatkan 'urat' pembuluh darah, pengidap varises juga lebih sering merasa nyeri hingga kesemutan di kaki.

Nah, studi menyebut orang bertubuh tinggi lebih rentan mengalami varises daripada biasanya. Dalam studi yang melibatkan 500 ribu responden ini, peneliti menyebut ada kaitan antara tubuh tinggi dengan peningkatan risiko varises.

"Kami belum mengetahui apa penyebab tubuh tinggi meningkatkan risiko varises di kaki. Namun satu hal yang pasti, risiko tersebut ada," ujar Dr. Nicholas Leeper dari Stanford University, California, Amerika Serikat, dikutip dari Reuters.

Namun peneliti memiliki beberapa dugaan terkait penyebab peningkatan risiko tersebut. Bisa jadi, tubuh yang tinggi membuat tekanan darah di pembuluh darah kaki lebih besar karena faktor gravitasi.

Dugaan lainnya adalah faktor genetik. Sebabnya, orang-orang dengan tubuh tinggi memang diketahui memiliki risiko lebih pada bberapa penyakit.

"Bisa jadi, gen yang memengaruhi tinggi badan manusia juga berperan dalam pembentukan struktur dan jaringan pembuluh darah kaki," tutupnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS